8 Tips Memilih Sepatu Bola Berkualitas, No Abal-Abal

50

It is not about the boots, it is about the player. Begitulah kata pepatah: Ini bukan tentang sepatu, tetapi tentang pemain itu sendiri. Maksudnya, bukan sepatu yang bisa membuat seseorang menjadi pemain hebat. Memang betul, faktor sepatu bukan satu-satunya yang bisa membuat seseorang menjadi pemain hebat.

Tapi coba bayangkan, seorang Lionel Messi atau Paul Pogba menggunakan sepatu yang tidak nyaman dipakai saat bertanding, apa yang terjadi? Tentunya performance mereka di lapangan tidak maksimal. Coba berikan sepatu yang ukurannya lebih kecil dari kaki mereka, apakah mereka masih bisa berlari cepat atau melakukan passing-passing cantik di lapangan? Jadi, apakah tips dalam memilih sepatu bola yang bagus?

sumber : situsbeli.com

Ada cerita menarik tentang sepatu dan seorang pemain sepakbola terkenal. Pada tahun 2005, Eric Cantona, Pemain sepak bola termahal di dunia, sang legend dari Manchester United, pernah mengalami cedera karena diakibatkan salah memilih sepatu. Hal ini sempat membuat berang Sir Alex Ferguson, manajer MU waktu itu.

Oleh sebab itu, memilih sepatu bola yang bagus adalah bagian yang PENTING, agar performance di lapangan menjadi maksimal. Bukan sekedar pelindung kaki dan peraturan yang mengharuskan harus menggunakan sepatu, tapi terlebih lagi adalah sebagai faktor penunjang kesuksesan berlaga di lapangan.

Dengan demikian, apa faktor penting dalam memilih sepatu? Karena, di jaman sekarang ini, modelnya sudah sangat beragam. Variasi harga pun ada dalam rentang harga yang sangat jauh, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi ketika memilih sepatu sepakbola:

1. Studs

Faktor pertama adalah apa yang disebut studs. Studs atau bagian yang menonjol dari bagian alas di sepatu bola ini berperan penting dalam hal untuk mencengkram (grip) ke tanah atau rumput ketika kaki menginjak lapangan.

Ada beberapa jenis studs pada sepatu bola:

  • Moulded

Bentuk ini merupakan bentuk klasik yang paling banyak ditemui pada sepatu sepak bola. Bentukknya bulat. Bahannya biasanya terbuat dari plastik. Jumlah studs pada sepatu yang menggunakan jenis moulded ini biasanya antara 10-20 buah. Selain lapangan tanah, studs seperti ini juga cocok untuk lapangan sintetis.

  • Blade

Merupakan pengembangan dari bentuk moulded (bulat). Blade ini berbentu tidak bulat, atau seperti sayatan (blade) atau seperti garis. Bentuk seperti ini terjadi karena ada perkembangan permainan masa kini yang semakin cepat. Bentuk seperti ini, lebih kuat dalam mencengkram di tanah. Bentuk seperti ini akan memberikan respon yang lebih bagus saat terjadi perubahan kecepatan berlari secara tiba-tiba. Jumlah blade biasanya sama dengan tipe moulded, yakni 10-20 buah.

  • Baut

Studs seperti ini biasanya dipergunakan pada lapangan yang lebih lunak. Tapi biasanya, ukuran panjang studs model ini lebih panjang, supaya cengkraman ke tanah juga baik. Jumlah studs pada alas sepatu bola juga lebih sedikit, sekitar 5-10 buah.

2. Elastisitas

Saat membeli sepatu, jangan lupa uji elastisitasnya. Cobalah tekuk sepatu dalam kondisi dipakai. Rasakan, apakah ketika ditekuk, jari kaki terasa nyaman? Tekuk sepatu dan lalu berjalan kembali, apakah sepatu masih terasa nyaman di kaki. Bahkan, jika mungkin, kita bisa coba dengan berlari-lari kecil saat di toko. Karena, meskipun tampak pas dan pantas di depan cermin, ternyata tidak enak buat berlari dan bermanuver.

3. Kaus Kaki

Ketika membeli sepatu, jangan lupa sekalian dites dengan kaus kaki. Karena jika tidak, bisa jadi ternyata ada rasa yang berbeda ketika dites dengan kaus kaki dan tanpa kaus kaki. Hal ini juga untuk memastikan bahwa ukuran sepatu yang dibeli juga sudah pas. Karena pada umumnya, kaus kaki sepatu bola cukup tebal disbanding kaus lain sehari-hari. Disarankan, ketika membeli sepatu juga sekaligus membeli kausnya.

4. Memperhatikan Ruang Lebih

Perhatikan apakah ada sedikit ruang untuk kaki. Jangan terlalu lebar dan juga jangan terlalu sempit. Jika terlalu lebar, maka ada kemungkinan sepatu kita akan ikut terbang ketika menendang bola. Artinya, sepatu terlalu longgar. Jika terlalu sempit, maka akan mudah membuat kaki kita menjadi lecet, karena kita akan sering bermanuver di lapangan. Kadang berlari cepat, lambat, melompat, maupun mendarat setelah melompat.

5. Bahan Sepatu

Umumnya, bahan yang bagus adalah dari kulit. Konsekuensinya adalah harganya mahal. Jika bahannya terlalu jelek, maka akan mudah rusak. Jika terlalu mudah rusak, ujung-ujungnya adalah membeli lagi untuk keperluan pertandingan.

6. Waktu Membeli Sepatu

Ada teori yang mengatakan, bahwa ukuran kaki membesar setelah melakukan aktifitas sehari-hari. Oleh sebab itu, disarankan membeli sepatu pada sore atau malam hari, setelah kita melakukan aktifitas harian. Karena pada saat itu, ukuran kaki kita berada pada ukuran terbesarnya. Bahkan, menurut penelitian, ukuran kaki orang dewasa masih dapat berubah, oleh sebab itu ada atau tidaknya aktifitas, mengetahui ukuran kaki yang pas dengan sepatu menjadi hal yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

7. Merk

Bagaimana dengan merk? Sudah pasti, merk akan menentukan harga. Semakin mahal harga sepatu, semakin bagus kualitasnya. Semakin populer merk sepatu, apalagi sepatu tersebut dipergunakan oleh pesepakbola terkenal, akan membuat harga melambung tinggi. Jadi, jika budget menjadi concern utama, maka pilihlah merk lain. Seperti diketahui, Indonesia adalah negara pengekspor sepatu, sehingga bisa dicoba merk-merk lokal, jika betul-betul harga menjadi perhatian.

Mengenai harga ini, menurut seorang pemain Arema Malang yang juga mantan pemain PSSI SEA GAMES bernama Djoko Sasongko, tidak mempermasalahkannya. Yang terutama adalah faktor kenyamanan saat dipergunakan untuk berlaga di lapangan.

8. Pergunakan Sepatu Bola Untuk Sepak Bola

Artinya adalah sepatu bola sebaiknya hanya dipergunakan untuk kegiatan olah raga sepak bola. Jangan dipergunakan untuk multifungsi berbagai kegiatan olah raga. Ketika sedang melakukan jogging untuk menjaga kebugaran tubuh, jangan pergunakan sepatu bola, tetapi pergunakanlah sepatu untuk jogging. Hal ini, selain untuk menjaga keawetan sepatu, juga agar terhindar dari cedera pada kaki karena salah menggunakan tipe sepatu.

Demikianlah untuk panduan memilih sepatu bola sebagai penunjang prestasi di lapangan sepakbola.