8 Pembalap Moto Gran Prix (MotoGP) dengan Juara Dunia Terbanyak

105
motogp

MotoGP adalah salah satu ajang olahraga balap motor nomor satu dan paling bergensi di dunia. Semua pembalap beradu cepat demi menjuarai balapan paling terkemuka ini.

Tidak sedikit rider yang harus mengalami cidera bahkan meregang nyawa akibat terjatuh atau pun karena kecelakaan yang dialaminya pada saat balapan sedang barlangsung.

Hal tersebut dilakuklan karena tidak lain dan tidak bukan ingin merebutkan gelar juara dunia disetiap tahunnya.

Nama-Nama Pembalap dengan Gelar Juara Dunia Terbanyak

motogp, motogp qatar

Mau tahu siapa pembalap yang paling banyak mengoleksi gelar juara dunia MotoGP. Di bawah ini adalah nama-nama pembalap MotoGP yang meraih gelar juara dunia terbanyak yang dikutip dari laman Takimzone.com, Yaitu sebagai berikut:

1. Jorge Lorenzo

jorge lorenzo

Jorge Lorenzo adalah pembalap MotoGP yang saat ini sudah berstatus sebagai rider Ducati. Kesuksesan pembalap asal Spanyol ini didapatkan pada saat dia masih mengendarai motor Yamaha.

Lorenzo sukses menjadi juara dunia MotoGP sebanyak 3 kali bersama Yamaha, yaitu pada tahun 2010, 2012 dan 2015.

2. Wayne Rainey

motogp, wayne rainey

Wayne Rainey adalah rider legendaris asal Amerika Serikat. Dia terkenal dengan kecerdasannya dalam membalap. Wayne Rainey berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 500cc secara berturut-turut bersama Yamaha.

Kemenangan juara dunianya diraih pada tahun 1990, 1991 dan 1992. Namun pada tahun 1993, Wayne mengalami kecelakan di sirkuit Misano GP Italia yang membuatnya mengalami cidera serius dan menjadi lumpuh.

Dan pada saat itulah karir pembalap ini pun harus pupus. Hal ini diakibatkan karena cidera serius yang dialaminya, sehingga tidak memungkinkannya untuk mengikuti ajang balapan MotoGP lagi.

3. Mike Hailwood

mike hailwood, motogp

Mike Hailwood adalah pembalap MotoGP asal Inggris yang legendaris. Rider yang dijuluki Mike the Bike ini juga ternyata pernah bertarung diajang Formula1.

Selama karirnya dibalapan, mike sukses meraih gelar juara dunia di MotoGP sebanyak 4 kali berturut-turut, yaitu pada tahun 1962, 1963, 1964 dan 1965. Semua gelarnya diraih bersama tim MI Agusta.

Mike meninggal dunia di usia 41 tahun dalam tragedi kecelakan hebat pada tahun 1981.

4. Geoff Duke

geof duke, motogp

Geoff Duke adalah pembalap asal Inggris. Selama karirnya di MotoGp, ia berhasil meraih 4 gelar juara dunia. Ia berhasil meraih juara dunia yaitu pada tahun 1951, 1953, 1954 dan 1955.

Duke berhasil meraih 1 gelar juara dunia bersama tim Norton yaitu pada tahun 1951, sedangkan 3 gelar juara dunia lainnya di dapatkannya pada saat ia memperkuat tim Gilera.

5. Mick Doohan

mike doohan, mick doohan, motogp

Rider asal Australia yang bernama lengkap Mikel Doohan ini lebih akrab disapa dengan nama Mike Doohan saja. Mike adalah pembalap demngan talenta yang luar biasa dan terkenal jenius di lintasan balap.

Dan sepanjang karirnya, Mike Doohan telah meraih gelar juara dunia sebanyak 5 kali secara berturut-turut. Yaitu p[ada tahun 1994 hingga tahun 1998.

6. Marc Marquez

marc marquez, motogp

Marc Marquez adalah pembalap MotoGP asal Spanyol yang memiliki talenta yang luar biasa dengan usianya yang masih terbilang sangat muda. Pembalap yang dijuluki The Baby Alien ini berhasil memperoleh gelar juara dunia sebanyak lima kali.

Marquez berhasil mendapatkan gelar juara dunia lima kali yaitu pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018.

7. Valentino Rossi

valentino rossi, motogp

Siapa yang tidak kenal dengan Valentino Rossi. Pembalap yang memiliki julukan The Doctor ini adalah legenda hidup MotoGP pada saat ini. Rider asal Italia ini adalah pembalap MotoG yang jenius, sehingga ia pun dijuluki dengan julukan The Doctor.

Tak sekedar jago ngebut, namun aksi-aksi spektakuler Rossi inisangat menghibur sehingga ai memiliki jutaan fans di seluruh dunia. The Doctor berhasil meraih gelar juara dunia sebanyak 7 kali, yaitu pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan 2009.

Rossi berhasil meraih tiga kali gelar juara dunia bersama tim Honda pada tahun 2001, 2002 dan 2003. Sedangkan 4 juara dunia lainnya diraihnya pada saat ia membela tim Yamaha, yaitu di tahun 2004, 2005, 2008 dan 2009.

8. Giacomo Agostini

giacomo agostini

Gicomo Agotini adalah rider legendaris yang berasal dari Italia. Sepanjang karirnya Gicomo Agostini sukses mendapatkan gelar jauar dunia sebanyak delapan kali.

Selain itu, ia juga tercatat sebagai rider mendapat gelar terbanyak GP 500cc sebelum MotoGP yang berhasil diraihnya sebanyak delapan kali. Ia berhasil meraih juara dunia hingga tujuh kali berturut-turut, yaitu pada tahun 1966 hingga 1972. Dan ia pun memenangkan juara dunia yang terakhir pada tahun 1975.

Nah, itulah nama-nama rider MotoGP yang meraih juara dunia terbanyak sepanjang masa. Dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang dunia MotoGP.