8 Jenis Makanan Pemicu Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai

20

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri yang dirasakan di kepala yang muncul secara bertahap atau pun mendadak. Rasa sakit yang dirasakan bisa terasa berdenyut atau seperti terlilit tali yang kencang dan terjadi di salah satu sisi kepala atau bisa di seluruh bagian kepala.

Rasa sakit kepala dikategorikan dengan sakit kepala ringan hingga berat yang berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari. Sakit kepala merupakan sakit yang sangat mengganggu dan menyiksa. Sebenarnya penyebab sakit kepala tidak hanya dari karena aktivitas atau banyaknya pikiran melainkan bisa juga disebabkan oleh makanan.

Penyakit sakit kepala diakibatkan karena aktifnya saraf nyeri di kepala yang disebabkan oleh kurang tidur, terlambat makan, atau disebabkan oleh penyakit seperti sakit gigi, infeksi telinga, migrain, hipertensi dan tumor otak. Sakit kepala yang disebabkan disebabkan oleh beberapa makanan seperti berikut:

1. Makanan Fermentasi

Keju merupakan salah satu makanan mengandung tiramin yang dapat menyebabkan sakit kepala. Semakin tua usia keju maka semakin banyak kandungan tiramin. Tiramin atau asam amino tiramin akan membutuhkan enzim untuk memecahnya dalam tubuh sehingga apabila tubuh memiliki banyak tiramin dan akhirnya

Kekurangan enzim dapat mengakibatkan adanya penumpukan tiramin dalam aliran darah dan mengakibatkan sakit kepala. Tiramin juga memicu pelepasan hormon stres neropinefrin. Selain keju, makanan lain yang mengandung tiramin dengan tingkat yang tinggi adalah bawang merah, minyak zaitun, jenis biji-bijian, kismis, avokad, daging atau ikan yang diawetkan, kimchi, alkohol dan kacang-kacangan.

2. Makanan yang Mengandung Pewarna Makanan dan Nitrat

Pewarna makanan dan nitrat menyebabkan meningkatnya aliran darah ke kepala hingga menyebabkan sakit kepala pada sebagian orang. Efek ini juga diakibatkan oleh tiramin yang dimiliki oleh keju dan jenis makanan yang sudah disebutkan.

3. Cokelat

Cokelat memiliki efek yang positif yaitu menenangkan hati yang sedang sedih, namun bila cokelat dikonsumsi saat sedang sakit kepala maka cokelat tidak akan membantu mengurangi sakit kepala

4. Anggur Merah

Anggur merah mengandung tanin dan flavonoid pada kulit anggur. Menurut penelitian, tanin dapat mengakibatkan perubahan kadar bahan kimia dan mendorong pelepasan senyawa prostaglandin yang dapat mengakibatkan sakit kepala.

5. Buah Kering atau Terlalu Matang

Buah yang terlalu matang juga mengandung tiramin yang tinggi, contohnya buah pisang dan alpukat dan buat yang diawetkan atau dikeringkan seperti kismis dan aprikot kering.

6. Makanan yang Terlalu Manis

Makanan manis bila kelebihan dapat menyebabkan rasa lesu, kembung dan sakit kepala. Kadar gula dalam tubuh kita dapat naik dan turun dengan cepat sehingga pada sebagian orang dapat menyebabkan hipoglikemia yang menyebabkan pusing.

7. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan asin yang mengandung sodium dapat meningkatkan volume darah sehingga pembuluh darah membutuhkan lebih banyak ruang yang memicu munculnya sakit kepala. Makanan kadar garam yang tinggi contohnya mie instan, daging olahan dan sosis.

8. Makanan yang Mengandung MSG

Penyebab lain dari munculnya sakit kepala adalah makanan yang mengandung MSG yang meningkatkan aliran darah ke otak.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis makanan pemicu sakit kepala yang bisa kita ketahui dan kita hindari. Semoga bermanfaat ya!