8 Hal yang Harus Dipersiapkan Bila Listrik Padam

27

Pulau Jawa hingga Bali pada Minggu, 4 Agustus 2019 dilanda oleh mati listrik massal. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 11.47 WIB. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada transmisi Sutet 500 kV. Bahkan pada Senin pagi, masih terjadi pemadaman listrik di beberapa tempat.

Hal ini tentu saja tidak diharapkan oleh pihak manapun. Mungkin banyak di antara kita yang tidak siap menghadapi kejadian ini. Kedepannya, kita tidak tahu apakah kejadian serupa akan kembali terjadi atau tidak. Untuk itu, kita perlu mengantisipasi apabila kita mengalami pemadaman listrik secara massal. Berikut adalah tips yang dapat kita lakukan bila berada dalam kondisi tanpa listrik.

1. Miliki Cadangan Penerang Rumah

Tentunya kita harus memiliki cadangan penerangan di rumah bila mati lampu. Cadangan penerangan rumah dapat kita peroleh dari emergency lamp, lilin, ataupun flash pada handphone kita. Cahaya ini akan sangat kita butuhkan terutama ketika malam hari. Jangan lupa juga siapkan korek bila kita menggunakan lilin.

2. Jangan Lupa Untuk Mengisi Ulang Daya Power Bank Kamu!

Di era modern sekarang, rasanya kita akan sulit untuk terpisah dari teknologi, terutama gadget. Bisa dibayangkan tentunya bagaimana rasanya ketika dalam keadaan mati lampu yang sangat membosankan tersebut, gadget favorit kita harus berada dalam kondisi low-battery atau bahkan mati sama sekali.

3. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Mesin Generator Listrik

Memiliki mesin generator listrik atau genset mungkin akan menjadi salah satu solusi terbaik di saat mati lampu. Dengan genset, kita akan memiliki sumber listrik yang lebih besar dibandingkan  bila kita hanya menggunakan cadangan listrik seperti power bank. Namun, yang harus diperhatikan adalah bila kita memutuskan untuk menggunakan genset, kita harus bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk membeli mesin dan bahan bakarnya, belum lagi kita butuh melakukan maintenance secara rutin.

4. Selalu Sediakan Uang Cash!

Uang dalam bentuk kartu atau elektronik memang menjadi alternatif pembayaran yang praktis, aman, dan relatif menguntungkan dengan adanya berbagai macam promo. Namun jangan lupa, uang ‘cashless’ ini sangat erat hubungannya dengan teknologi. Di saat mati lampu, ada kalanya mesin-mesin pembayaran sulit untuk beroperasi, sehingga kita harus berpikir ulang untuk melakukan pembayaran secara ‘cashless’.

5. Persiapkan Makanan yang Tahan Lama dan Praktis

Kita tidak tahu seberapa lama listrik akan mengalir lagi. Oleh karena itu, perlu kita persiapkan makanan yang bersifat praktis dan tahan lama, yang bisa kita simpan di luar lemari es. Bisa dipertimbangkan makanan instan, kaleng, ataupun biskuit. Jangan lupa juga persiapkan alat memasak yang tidak memerlukan listrik untuk dapat digunakan.

6. Update Berita dengan Menggunakan Radio

Saat mati lampu, tentunya kita tetap harus update dengan berita-berita terkini. Bila ponsel kita tidak dapat digunakan, radio dapat menjadi alternatif untuk tetap memantau berita. Pilihlah radio yang menggunakan daya baterai. Untuk itu, jangan lupa persiapkan juga baterai carangan.

7. Sediakan Cadangan Air Di Rumah

Air sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali air berhenti mengalir ketika mati lampu, terutama bila kita memperoleh sumber air dengan menggunakan pompa listrik. Simpanlah air cecukupnya dalam wadah tertutup agar air tetap bersih dan tidak tercemar. Selain itu, wadah yang tertutup juga bisa mencegah air tersebut menjadi sarang nyamuk.

8. Cari Aktivitas yang Dapat Mengusir Rasa Bosan

Manfaatkan mati lampu sebagai ajang untuk mengakrabkan diri dengan orang-orang di sekitar kita. Kita bisa menyiapkan berbagai games yang bisa dimainkan bersama-sama. Carilah kegiatan yang menyenangkan dan dapat dilakukan bersama. Bila memiliki penerangan yang cukup, kita dapat menghabiskan waktu dengan membaca buku. Gunakan waktu ini sebaiknya untuk mengasah skill dan mengembangkan diri.

Itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan apabila kita berada dalam kondisi tanpa listrik.