8 Daftar Idol yang Diketahui Mengalami Depresi, KPopers Berikan Dukunganmu!

86

Sepanjang tahun 2019, sudah berapa kali penggemar kpop ataupun penggemar artis Korea Selatan mendengar berita mengenai artis yang terkena depresi? Yap, semakin banyak idol ataupun artis yang mengalami depresi dan lebih parah mereka memilih untuk mengakhiri hidupnya. 

Mulai dari Jonghyun Shinee, Sulli eks F(X), Goo Hara, aktris senior Jeon Mi Sun, hingga yang terakhir aktor dan idol Surprise U, Cha In Ha. Mereka memilih untuk mengakhiri hidupnya karena rasa sakit yang mereka dapatkan dari depresi tidak kunjung tersembuhkan.

Selain mereka yang pada akhirnya memilih bunuh diri, ternyata masih banyak idol maupun aktor dan aktris Korea selatan yang mengatakan mereka menderita penyakit psikis yang membutuhkan perhatian serius untuk disembuhkan. Berikut ini beberapa daftar idol yang terkena depresi. 

1. Heechul Super Junior

Idol yang pertama adalah Heechul Super Junior. Heechul secara terang-terangan mengaku menderita depresi saat mengetahui sahabat dekatnya di Super Junior, Hangeng memutuskan hengkang dari grup. 

Seperti tidak terima dengan keputusan teman seperjuangannya tersebut, Kim Hee Chul memutuskan vakum dari industri hiburan selama tiga bulan lamanya. Ia mengatakan kepada Hangeng sebuah kalimat hangat saat Hangeng memutuskan keluar. Kalimat itu berbunyi: 

Hangeng Hyung (kakak), kami tidak butuh nyanyian dan tarian luar biasamu. Tapi kami butuh kamu karena kalau kamu tidak ada di dalam grup, Super Junior tidak akan lagi sama seperti sebelumnya.

Namun baru-baru ini diketahui Heechul dan Hangeng kembali dipertemukan dalam suatu event yang sama. Keduanya tertangkap kamera sedang berbincang bersama dan terlihat akrab.

2. T.O.P Bigbang

Idol yang kedua adalah T.O.P Bigbang. T.O.P terkenal sebagai rapper terbaik yang dimiliki oleh Agensi YG Entertainment. Suaranya yang khas dan penuh karismatik membuat dirinya banyak disukai penggemar saat dirinya sedang menyanyikan bagian rapnya di panggung. 

Tetapi siapa sangka, ternyata T.O.P Bigbang pernah mengalami depresi hingga serangan panik yang tidak banyak diketahui publik. Tepatnya di tahun 2008, T.O.P diketahui menghadapi anxiety Disorder dan berusaha keras mengatasinya. Tetapi, pria yang memiliki nama asli Choi Seung Hyun ini tidak banyak membicarakan banyak di publik dan menutupi kondisinya tersebut.

3. Taeyeon SNSD

Idol wanita yang berani mengungkapkan kalau dirinya terkena depresi adalah Kim Tae Yeon SNSD. Leader grup ini pernah secara terang-terangan memberitahukan kepada publik bahwa dirinya tengah menderita depresi. Taeyeon mengungkapkan hal tersebut saat Taeyeon melakukan Q & A dengan penggemarnya lewat Instagram Story di akun pribadinya.

Banyak pertanyaan yang menanyakan kondisi Taeyeon apakah dirinya sedang baik-baik saja? Atau apa kamu sudah membaca komentar-komentar yang ditujukan kepadamu? Bagaimana perasaanmu?

Taeyeon langsung menjawab tidak. Ia langsung mengatakan dirinya tengah berjuang melawan depresi. Dan meminta netizen untuk tidak menuliskan ‘ckck’ atau memperlakukan orang sepertinya dengan tidak hormat. Ia meminta netizen untuk menyadari bahwa penderita depresi juga merupakan pasien yang tengah menderita dan butuh disembuhkan.

4. IU

Solois wanita populer IU juga pernah secara langsung mengumumkan kalau dirinya pernah berjuang melawan depresi. Ia mengatakan hal ini saat dirinya melangsungkan konser di tahun 2014. Solois yang memiliki nama asli Lee Ji Eun mengatakan depresi yang ia derita muncul saat ia menerima banyak pujian dari orang-orang sekitarnya. Dan dia merasa terbebani dan selalu memikirkan pujian-pujian yang ditujukan pada dirinya adalah benar-benar hal layak yang ia terima.

5. Suzy

Mantan member dari Miss A ini ternyata pernah mengaku kalau dirinya pernah berjuang melawan depresi. Idol sekaligus aktris yang terkenal dengan keramahan dan senyumnya ini mengaku dia pernah menderita depresi karena masalah yang datang kepadanya secara bertubi-tubi.

Dan pada saat berada di dalam kondisi tersebut, Suzy mengaku tidak bisa memberitahu siapapun untuk dimintai tolong. Ia bahkan sempat berpikir kalau dia tidak akan bisa bertahan sampai hari esok. Sampai pada suatu ketika ia sedang bersama dengan teman-temannya tertawa terbahak-bahak, kemudian dirinya tiba-tiba menangis. Suzy menceritakan kisahnya ini di tahun 2013 silam.

6. Suga BTS

Rapper populer satu ini secara terang-terangan mengatakan dirinya berjuang dengan depresi yang dideritanya melalui lagu ciptaannya. Tidak hanya depresi, ia juga mengalami tekanan dan pobia sosial. Melalui lagunya ‘The Last’, di setiap liriknya mengungkapkan perasaan depresinya.

Emosi dan perasaannya yang kacau tergambarkan dalam lagu tersebut. Di dalam lagu tersebut pula ia memberitahukan bagaimana beratnya menjadi idol K-Pop. Ia mengaku secara konsisten terus berusaha menyembuhkan dirinya lewat berkarya dengan musik.

7. Mina Twice

Kabar kurang mengenakkan juga datang dari grup gadis populer, TWICE. Girl band asuhan JYP Entertainment ini memiliki member yang didiagnosa mengalami gangguan kecemasan (Anxiety Disorder) di awal Agustus 2019 lalu. Member tersebut adalah MINA.

Mina membuat para penggemarnya khawatir akan kondisinya setelah memutuskan vakum dari segala aktivitas grup. Gadis cantik yang memiliki nama asli Myoui Mina ini bahkan harus pulang ke rumah asalnya di Jepang untuk mendapatkan kembali kesehatan mentalnya.

8. Kang Daniel

Solois jebolan ajang survival kontroversial ‘Produce 101’ ini juga dikabarkan menderita depresi. Daniel diketahui berjuang dengan depresi sejak awal tahun 2019 lalu. Sebuah sumber mengatakan, Daniel mengalami depresi akibat masalah yang ia derita tidak kunjung selesai. Mulai dari permasalahan kontraknya dengan mantan agensinya LM Entertainment, Kabar kencannya dengan Jihyo TWICE yang tersebar publik. Bahkan Daniel pernah menghentikan segala aktivitas promo comebacknya akibat dirinya yang harus berjuang dengan gangguan kesehatan mental tersebut.

Kematian Jonghyun SHINee, Sulli, Goo Ha Ra, Cha In Ha, hingga jebolan The Voice Kora ‘Woo Hye Mi’, merupakan bukti sisi gelap K-pop yang semakin terlihat nyata. Tidak semua yang terlihat mewah bisa membuat seseorang bahagia.

Demikian beberapa idol yang diketahui tengah menghadapi gangguan kesehatan mental mulai dari depresi, bipolar, hingga gangguan kecemasan. Semoga mereka mendapatkan terapi agar tetap mengetahui kalau diri mereka semua berharga. Sebagai fans mereka, kamu bisa memberikan dukungan dengan menulis di hal-hal positif di kolom komentar sosial media mereka dan tidak menyebarkan kebencian.