8 Cara Paling Jitu Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa agar Hemat

57
Sumber gambar: gananci.com

Saat ini, harga barang-barang semakin meningkat, baik barang kebutuhan hidup maupun barang pelengkap. Gaya hidup berhemat pun perlu dilakukan supaya hal-hal penting dan mendasar tetap dapat kamu miliki.

Jika saat ini kamu masih berada di bangku kuliah, kamu pun perlu berhemat untuk membayar hal-hal penting, seperti uang semester atau uang buku dan kebutuhan kuliah lainnya. Selain itu, kamu juga perlu berhemat untuk melatih kamu memilah penggunaan uang kamu saat nanti kamu bekerja.

Nah, ini cara-cara berhemat ala anak kuliah:

Buatlah rencana keuangan

Walaupun terkesan membosankan, dengan membuat rencana keuangan kamu dapat memilih prioritas kebutuhan kamu, mana yang penting dan genting yang membutuhkan biaya. Kamu pun bisa mengatur seberapa besar uang yang akan disimpan. Rencana keuangan ini bisa kamu buat senyaman kamu dengan menyesuaikan kondisi keuanganmu.

Temukan diskon yang khusus untuk pelajar atau mahasiswa

Nah, diskon adalah hal yang paling dicari, baik untuk kegiatan hiburan, pakaian, maupun untuk membeli kebutuhan studi. Cobalah bertanya apakah ada diskon khusus pelajar atau mahasiswa. Akan tetapi, sebaiknya tetap utamakan yang penting dan genting ya.

Bandingkanlah harga barang dari toko lain sebelum membeli

Saat ini, banyak sekali harga barang kebutuhan yang bisa kamu lihat di internet. Nah, ada baiknya kamu membandingkannya terlebih dahulu supaya kamu tetap mendapatkan barang berkualitas sama dengan harga murah.

Berpikirlah matang-matang jika ingin membayar sesuatu dengan harga mahal

Jika kamu ingin membeli sesuatu dengan harga mahal, berpikirlah matang-matang. Bandingkanlah dengan rencana keuanganmu. Pikirkanlah hal-hal yang penting dan genting yang menjadi prioritas kamu. Ada baiknya juga kalau kamu tidak membeli produk bermerek namun memiliki kualitas yang sama.

Gunakan transportasi umum

Nah, cara ini juga bisa kamu gunakan loh untuk berhemat. Saat ini sudah banyak transportasi umum dengan harga terjangkau dan bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan dengan mudah yang disediakan pemerintah. Selain membuatmu berhemat, kamu juga membantu mengurangi kemacetan dengan menggunakan transportasi umum.

Bawalah makanan sendiri ke kampus

Harga makanan di kampus memang biasanya lebih murah. Akan tetapi, tidak ada salahnya kamu membawa makanan sendiri dari rumah. Selain bersih dan sehat karena kamu yang membuat bekal sendiri, kamu pun bisa berhemat.

Bertukar buku

Nah, untuk kamu yang memerlukan buku, kamu bisa loh mendapatkannya tanpa membeli. Kamu bisa menukar buku yang perlu kamu baca dengan buku yang teman kamu perlu baca. Sama-sama menguntungkan, bukan?

Berhematlah penggunaan listrik dan air

Bagi anak kuliah yang juga tinggal di tempat kos yang membayar listrik dan air sendiri, berhematlah penggunaan listrik dan air. Caranya, matikanlah TV jika tidak digunakan serta jangan lupa matikan lampu dan pendingin ruangan jika kamu berangkat kuliah atau keluar kos. Selain kamu menghemat pengeluaranmu, kamu juga membantu menyelamatkan bumi dari global warming, loh!

Nah, cara-cara berhemat di atas bisa kamu modifikasi sekreatif mungkin untuk membantumu memenuhi kebutuhan perkuliahan serta membantumu belajar hidup hemat saat kamu berkeluarga dan bekerja nanti.