8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Minum Susu

13

Susah makan dan minum susu adalah hal yang wajar terjadi bagi anak-anak. Ini juga dilatarbelakangi oleh beberapa fase yang harus mereka lewati atau bahkan kehidupan mereka yang masih diwarnai dengan dunia bermain. Meskipun ini pasti terjadi pada anak, orang tua mesti tahu bagaimana cara mengatasinya. Intinya, jangan keburu panik dengan keadaan seperti ini. Untuk memberantas hal tersebut, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini tentang bagaimana cara mengatasi anak susah makan dan minum susu.

  • Kenali Penyebabnya

Sebelum mengakali bagaimana caranya agar anak dapat makan dan minum susu secara teratur, kenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Menurut para ahli gizi menyatakan bahwa kesulitan makan dan minum susu disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab tersebut adalah alergi pada makanan tertentu, gangguan pencernaan, intoleransi terhadap laktosa, penyakit chron, dan celiac. Kondisi yang terjadi pada anak seperti yang tertera pada pernyataan sebelumnya, dapat dipastikan dengan mengunjungi ahli gizi anak.

  • Ajak Makan Bersama

Jika anak terdeteksi tidak mengalami gangguan apapun secara medis, langkah selanjutnya adalah dengan mengajak anak untuk makan bersama. Memang keadaan sulit makan adalah bagian dari fase pertumbuhan anak, namun hal ini dapat diminimalisir dengan membangun kebiasaan tersebut.

  • Terapkan Bahwa Makan dan Minum Susu Adalah Tanggung Jawab Anak

Ya, inilah yang harus dilakukan oleh para orang tua. Bukan berarti mengiming-imingi atau mengancam anak untuk bersedia makan dan minum susu itu dilarang. Akan tetapi, memberi pengertian bahwa makan dan minum susu adalah kewajiban anak akan membuatnya bertanggung jawab terhadap kondisi diri.

  • Berikan Porsi yang Ideal dan Variasikan Menu

Yuhuuuuu! Kebanyakan orang tua meyakini bahwa makan banyak bagi anak akan mencukupi jumlah nutrisinya. Namun, makan banyak bukan berarti orang tua harus menakarkan porsi makan mereka terhadap anak. Ingatlah bahwa porsi makan Anda dan anak sangat jauh berbeda.

  • Jauhkan Anak dari Gadget

Memang diakui bahwa gadget dapat membuat anak tenang dan jauh dari kegaduhan. Akan tetapi, terlalu sibuk terhadap gadgetnya dapat membuat anak lupa akan waktu makan yang harus ditepatinya.

  • Adakalanya Anda Butuh Menerapkan Sugesti

Sebenarnya, makan dan minum susu adalah bagian yang paling menyenangkan dalam hidup. Untuk mendapatkan hal ini, Anda dapat menerapkan sugesti pada anak agar anak berusaha untuk bersedia makan dan minum susu. Pastikan sugesti tersebut berisikan energi positif yang mampu membangkitkan keinginan makan pada anak.

  • Perlihatkan Situasi Miris yang Terjadi Tentang Sulitnya Mendapatkan Makanan

Mengajak anak untuk bersedia makan dan minum susu dapat dilakukan dengan menumbuhkan empati anak. Cobalah untuk memberi gambaran tentang orang-orang yang sedang mengalami kesulitan pangan hingga tidak merasakan nikmatnya makanan. Ini dilakukan agar anak dapat berpikir bahwa makanan adalah bagian yang penting dalam hidup.

  • Konsultasikan ke Ahli Gizi

Jika kondisi kesulitan makan pada anak makin berlanjut atau tidak berdampak sama sekali, cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada ahli gizi. Bisa saja keadaan sulit makan dan minum susu dipengaruhi oleh keadaan psikis anak.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan makan dan minum susu. Intinya, jangan melupakan waktu makan anak dan jauhkan anak dari pengaruh gadget. Jika masalah ini berlanjut, jangan lupa untuk mengonsultasikannya kepada ahli gizi anak.