8 Cara Menabung untuk Menikah dengan Gaji 2 Juta, Super Memorable!

1381
sumber gambar: www.royalliverbuildingvenue.co.uk

Memiliki keluarga dengan pasangan yang kita cintai tentunya merupakan salah satu impian kita. Menikahi yang dicintai memang membahagiakan, namun menikah bukan juga hal yang mudah. Tentunya memerlukan biaya untuk melaksanakannya. Tapi bagaimana jika gaji hanya 2 juta? Apa mungkin untuk menikah? Tidak perlu khawatir, bagi kamu yang ingin menikah hanya dengan gaji 2 juta, berikut adalah beberapa cara menabung agar kamu bisa menikah:

1Menggunakan 2 rekening tabungan

Salah satu cara untuk mengendalikan keuangan kamu adalah dengan menggunakan 2 rekening tabungan yang berbeda. Tabungan yang pertama digunakan untuk keperluan memenuhi kebutuhan pokok, sedangkan pada tabungan kedua digunakan khusus untuk tabungan menikah. Dengan memisahkan 2 rekening tabungan yang berbeda, maka tabungan untuk menikah kamu tidak akan terganggu lagi.

2Kurangi kebiasaan hura-hura

Jika kamu mempunyai kebiasaan hura-hura, seperti kumpul di kafe atau belanja ke mall dengan teman-teman, sebaiknya kamu segera kurangi kebiasaan kamu itu. Pengeluaran yang tadinya sia-sia tersebut bisa kamu masukkan ke dalam rekening tabungan menikah kamu. Bayangkan saja jika biasanya kamu menghabiskan minimal 100 ribu rupiah untuk kumpul-kumpul setiap minggunya, jika sebulan maka kamu bisa mengumpulkan tambahan 400 ribu rupiah untuk tabungan menikah.

3Investasi emas

Salah satu cara agar uang yang kamu miliki berkembang adalah dengan melakukan investasi. Jika kamu memang menabung untuk menikah, maka ada baiknya untuk melakukan investasi dengan jenis yang likuid seperti emas. Namun perlu diingat, sebaiknya kamu juga tidak berinvestasi pada emas perhiasan, tapi pada emas batangan karena nilainya tidak akan turun dengan drastis atau berkurang beratnya karena sering dipakai.

4Catat setiap pengeluaran

Kebanyakan dari kita tidak melakukan pencatatan pada setiap pengeluaran yang kita lakukan, padahal jika kita melakukan pencatatan akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan. Dengan melakukan pencatatan, maka kamu akan lebih mudah mengontrol pengeluaran kamu.

5Selalu sisihkan terlebih dahulu

Ketika kamu menerima gaji, maka sebaiknya kamu segera menyisihkan dari sebagian gaji kamu untuk tabungan menikah. Sisihkan paling tidak 500 ribu setiap bulannya agar kamu tidak kebablasan di akhir bulan karena belum menabung.

6Beli produk diskon

Jika kamu ingin menikah, ada baiknya untuk mulai melirik produk yang menawarkan potongan harga alias diskon. Dengan begini, sisa uang yang ada bisa kamu masukkan ke dalam rekening tabungan kamu.

7Membuat daftar pos pengeluaran

Selalu buat daftar pos pengeluaran yang akan kamu belanjakan setiap bulannya sehingga kamu tidak akan keluar jalur atau overbudget. Jangan sampai kamu membeli sesuatu yang tidak penting yang tidak ada dalam daftar pengeluaranmu.

8Hentikan kebiasaan merokok

Jika kamu adalah seorang perokok, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan burukmu itu. Selain merusak kesehatan, rokok juga menguras isi kantongmu. Bayangkan saja, jika sehari kamu menghisap sebungkus rokok seharga 20 ribu rupiah, maka dalam sebulan kamu dapat menyimpan sebanyak 600 ribu rupiah. Lumayan banyak, bukan?

Itulah beberapa cara menabung untuk menikah walau kamu hanya punya gaji 2 juta. Ingatlah, menikah bukanlah harus bermewah-mewahan karena tujuan pernikahan adalah melaksanakan ibadah. Jadi jangan terlalu memaksakan diri bahkan hingga berhutang hanya demi resepsi pernikahan yang mewah.