7 Tanda Karburator Mobil Kotor yang Harus Anda Tahu

343

Karburator merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki harga terjangkau dan mudah didapatkan. Alat ini pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885. Pada umumnya karburator digunakan pada mobil berbahan bakar bensin. Namun, akhir- akhir ini karburator sudah jarang digunakan karena boros bahan bakar. Fungsi sesungguhnya dari alat ini yaitu untuk mencampur bahan bakar dan udara sehingga membentuk pengabutan halus.

Karburator kadang mengalami masalah, sehigga mobil tidak dapat dioperasikan. Terutama ketika karburator mobil kotor, bisa disebabkan oleh berbagai hal. Adapun ciri-ciri ketika karburator mobil kotor, yaitu sebagai berikut.

  • Mesin sulit diaktifkan pada pagi hari

Beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin mobil sulit dihidupkan di pagi hari atau mesin dingin. Beberapa penyebabnya, antara lain tegangan arus listrik aki yang kurang atau  telah habis, terminal aki yang berkarat atau kotor dan kendor. Penyebab yang lainnya adalah pada injektor dengan bahan bakar yang bermasalah, jarak antara kepala busi dengan sumbu busi terlalu jauh.

  • Mesin sulit diaktifkan saat panas

Sulit untuk menyalakan mobil setelah mobil melaju jauh kemudia mesin dimatikan atau mobil berhenti sejenak. Penyebab kondisi ini adalah kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor kotor, atau saringan udara yang kotor dan tersumbat.

  • Mesin tersendat saat pedal gas diinjak

Mobil dengan kondisi ini kerap terjadi pada mobil yang telah berusia lebih dari lima tahun. Beberapa hal yang memicu permasalahan ini adalah busi yang sudah aus atau jarak antara kepala busi dan sumbunya terlalu renggang, atau terdapat bagian yang bocor pada selang vakum karburator.

  • Tenaga mesin loyo tidak seperti biasanya

Persoalan lain yang sering dikeluhkan oleh para pemilik mobil adalah merosotnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin.  Beberapa faktor yang memicu hal itu terjadi adalah tidak tepat dalam pemasangan timing belt, saringan bahan bakar yang kotor sehingga membuat tersumbat, fuel pump yang bermasalah, regulator tekanan bahan bakar yang rusak, tingkat kompresi silinder menurun, dan jarak kepala dan sumbu busi terlalu jauh.

  • Mesin hidup mati, hidup mati

Terkadang mobil mengalami mesinnya langsung hidup saat kunci kontak diputar ke on. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, mesin langsung mati. Kondisi tersebut berlangsung berulang kali.

  • Lampu indikator oli menyala terus saat mobil melaju

Masalah ini seringkali tidak disadari oleh pemilik mobil atau pengemudi, umunya mereka hanya memperhatikan penggantian oli tanpa memperhatikan lampu indikatornya. Lampu indikator yang terus menyala meski saat mobil sudah melaju dipicu oleh beberapa faktor seperti jenis oli yang tidak sesuai, jumlah atau volume oli yang tidak sesuai, sensor dan katup indikator oli yang rusak, atau saringan oli yang aus.

Itulah beberapa permasalahan utama yang seringkali terjadi pada mobil. Meski demikian ada beberapa masalah dan penyebab lainnya, namun keenam masalah tersebut merupakan masalah yang sering dikeluhkan, sangat disarankan untuk mengecek penyebabnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke bengkel mobil. #DoriMaret