7 Tanda Intake Manifold Bocor yang Tidak Anda Sadari

746

Bagi Anda yang sering berkendara menggunakan mobil, tentunya perawatan yang baik sangat diperlukan untuk menghindari kerusakan di lain hari yang malah akan menghambat aktifitas Anda. Salah satu permasalahan mesin yang sering yaitu terjadi kebocoran pada intake manifold. Perhatikan tanda-tandanya sebagai berikut.

  1. Reaksi ketika ditetesi dengan bensin

Dengan meneteskan bensin pada bagian yang diduga bocor saat mesin hidup, maka campuran bahan bakar yang mengalir ke dalam ruang bakar akan naik. Aliran berasal dari karburator dan bahan bakar akan masuk melalui lokasi yang kita tetesi dengan bensin tadi.dengan melihat kecepatan perputaran mesin, maka bisa diketahui letak kebocoran.

  1. Karet intake yang kendor

Pastikan anda telah menggunakan karet intake yang asli karena mudah sobek jika terkena panas. Untuk hasil yang maksimal pastikan menggunakan spare part yang asli untuk investasi jangka panjang pada kendaraan Anda.

  1. Mesin overheat

Pada umumnya mesin memiliki jangka waktu maksimal untuk menjadi panas. Namun apabila manifold bocor maka gejalanya dapat terlihat dari kondisi mesin yang mudah sekali panas dalam waktu yang cepat. Ketika mesin overheat tentu dapat berakibat fatal apabila tetap dipaksakan untuk berkendara

  1. Ada kebocoran coolant atau air radiator

Kebocoran intake manifold bisa mempengaruhi mesin yang berlokasi di sekitarnya. Salah satunya yaitu kebocoran coolant atau air radiator di bawah mobil. Dengan melihat tetesan yang ada dibawah mobil tentunya Anda harus waspada dan segera mengambil tindakan untuk mengatasi kebocoran mesin tersebut dengan mencari sumber kebocoran.

  1. Lampu cek engine menyala

Dengan menyala nya lampu cek engine, merupakan sebuah alarm atau tanda untuk memberitahukan kepada pemilik mobil bahwa terjadi masalah pada mesin. Sehingga anda perlu segera mengecek mesin kendaraan anda untuk memastikan bahwa kondisinya belum sangat parah dan masih bisa diatasi. Jangan mengabaikan apalagi menunda-nunda untuk segera mengecek mesin anda.

  1. Suara mesin seperti mau mati saat dinyalakan

Suara mesin seperti mau mati saat dinyalakan terjadi karena terdapat campuran gas bakar terlalu banyak udaranya, yang masuk melalui retakan di manifold. Kalau sudah ada gejala tersebut Anda harus berhati-hati dan mengecek bagian manifold kendaraan Anda tentunya.

  1. Mesin mati

Kebocoran manifold yang parah bisa menyebabkan mesin tidak dapat dinyalakan lagi. Selain itu juga terdapat kebocoran yang cukup parah dari saluran pembuangan bensin di kaburator. Satu-satunya solusi yaitu dengan mengganti onderdil yang baru karena dalam kasus tersebut intake manifold sudah dalam posisi pecah dan tidak bisa digunakan kembali.

Itulah 7 tanda intake manifold bocor yang snagat penting untuk dikenali. Sehingga ketika anda menjumpai kejadian tersebut terjadi pada mesin kendaraa anda, anda bisa segera mengambil tindakan yang tepat dan mencegah kerusakan yang semakin parah.