7 Rekomendasi Lagu Day6 Yang Wajib Masuk Playlistmu Nih Guys

114

Popularitas industri musik Korea Selatan seperti tidak pernah habis ditelan masa. Mulai dari generasi pertama hingga kini, musik K-pop masih ‘meracuni’ remaja muda di berbagai negara , baik  Asia hingga Internasional. Sebut saja BTS, Blackpink, EXO, TWICE hingga NCT, kini tidak hanya populer di negara asalnya saja, tetapi di berbagai negara lainnya.

Namun, apakah industri musik Korea Selatan hanya diisi dengan boy and girl group? Tentu tidak. Berbagai genre musik indie mewarnai kancah industri hiburan Korea Selatan. Salah satunya datang dari bentuk Band.

Band yang dapat di akui kualitasnya di generasi ini adalah salah satunya berasal dari agensi besar yaitu JYP Entertainment, Day6. Sempat kehilangan satu anggotanya, Day6 yang kini memiliki personil mulai dari Sungjin, Young K, Jae, Dowoon hingga Wonpil ini semakin terkenal di kalangan penggemar musik Band.

Day6 memiliki ciri khas yang berbeda. Hal ini dikarenakan grup band ini selalu menampilkan genre musik yang tidak monoton dan selalu memberikan warna musik baru bagi para penggemarnya. Berikut ini beberapa rekomendasi lagu yang dinyanyikan oleh Day6. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

1. Congratulations

Rekomendasi lagu pertama yaitu berjudul Congratulations. Lagu ini merupakan lagu debut dari Day6 pada tahun 2015 lalu. Saat itu, Day6 masih dengan formasi lengkap dengan enam anggota. Sebelum pada akhirnya, Junhyeok, memutuskan untuk keluar dari grup dengan alasan pribadi. Hingga sekarang, Day6 berkarir dengan lima orang anggota.

Lagu Congratulations sendiri memiliki pesan yang sangat dalam. Ada seorang pria yang sangat sedih. Namun alih – alih seharusnya ia bisa membenci mantan kekasihnya tersebut, ia memilih untuk tegar bahkan mengucapkan selamat kepada sang mantan kekasih. Pria tersebut memberikan ucapan tulus kepada mantannya karena telah menemukan pengganti dirinya.

Untuk lagu Congratulations juga dirilis dalam versi bahasa inggris. Memiliki banyak perbedaan saat mendengarkan versi Korea dan Inggris. Dalam versi Korea, kita bisa merasakan bagaimana mendalamnya rasa yang si pria miliki. Namun saat mendengarkan versi Inggris, kita bisa menerka bagaimana tegarnya si pria saat harus mengucapkan selamat kepada sang mantan.

2. Letting Go

Lagu yang kedua berjudul Letting Go. Lagu ini rilis pertama kali dengan formasi baru yaitu lima anggota. Lagu Letting Go, mengusung musik ballad pop rock, Day6 berhasil memberikan harmonisasi vokal yang sangat dinamis. Kemampuan vokal para anggota benar – benar terpancar.

Bagaimana masing – masing personil memberikan sisi emosional mereka saat bernyanyi bait per bait tergambar jelas dalam lagu ini. Lagu Letting Go memiliki pesan tentang seorang pria yang rela mengorbankan dirinya untuk melepaskan sang kekasih agar kekasihnya bahagia.

Ia rela meninggalkan wanita yang ia cintai demi agar sang wanita bisa bahagia dan dirinya tidak lagi penghalang bagi kebahagiaan wanita yang dikasihinya tersebut. Sama seperti lagu Congratulations, Letting Go juga dirilis dalam versi remake dengan gubahan baru menggunakan bahasa Inggris.

3. I Wait

Melalui proyek bulanan yang bertajuk ‘Every Day6’, Day6 merilis lagu pembuka berjudul “I WAIT”. Berbeda dengan dua lagu sebelumnya, lagu ini memiliki genre Pop Rock Electro. Bagi banyak orang yang mendengarkannya, lagu ini membuat Day6 memberi vibe seperti salah satu musisi band rock Jepang, One Ok rock.

Saat mendengarkan lagu ‘I Wait’, lagu ini sangat kental dengan nuansa musik rock. Sementara untuk liriknya sendiri, lagu ini memiliki pesan dimana terdapat seorang pria yang inginkan status yang jelas.

Sang pria digambarkan dalam lagu ini sebagai seseorang yang lelah dan ingin meminta kejelasan atas hubungan yang ia jalani sekarang bersama wanita yang selalu ada didekatnya tersebut. Lewat lagu ini ia menyampaikan akan menunggu kejelasan status dari wanita itu.

4. How Can I Say

Lagu selanjutnya berjudul ‘How Can I Say’. Masih dengan genre yang hampir sama dengan I WAIT, How Can I Say memiliki vibe seperti lagu soundtrack asli anime  Jepang. Dipenuhi dengan beat suara gitar dan drum, lagu ini mencirikan secara khas band dengan genre rock.

Sementara itu, video klip dari lagu ini terkesan simple. Namun, banyak penggemar yang tetap menyukainya karena membuat mereka lebih fokus saat mendengarkan lagunya.

5. All Alone

All Alone menjadi salah satu lagu dari Day6 yang tidak menceritakan tentang cinta. Lagu ini memiliki lirik dengan pesan tentang kesepian yang seringkali mendera para pemuda – pemudi yang sedang berjuang menggapai mimpinya.

Di dalam lagu terdapat lirik : “Aku berharap seseorang menyambutku pulang dan mengatakan aku sudah bekerja keras.” Rasa sentimental ini kerap kali menyerang banyak pemuda – pemudi saat mereka ingin dimanja, tetapi tidak ada tempat pulang bagi mereka, sehingga mereka hanya bisa memendamnya.

Diiringi dengan alunan gitar akustik, membuat lagu ini menjadi  sangat emosional bagi siapapun yang mendengarnya. Lagu All Alone terpilih menjadi salah satu lagu Day6 yang sangat mellow.

6. I Loved You

Saat lagu ini rilis, lagu ini langsung banyak di gemari pencinta musik k-pop khususnya para remaja yang kerap kali merasakan cinta bertepuk sebelah tangan. Dalam video klip yang memiliki hubungan cerita dengan video klip ‘All Alone’, para anggota Day6 mengambil peran sebagai pelajar yang memiliki masalah percintaan masing –masing.

Lagu I Loved You memiliki arti yang sangat mendalam. Dimana masing – masing tokoh yang diperankan dalam video klip ini mengalami fase jatuh cinta diam – diam. Karena dia tidak mau mengungkapkan, para tokoh tersebut pada akhirnya merasa tersiksa karena tidak mampu mengungkapkan perasaan yang dimilikinya.

Sang tokoh ingin sekali mengungkapkan kepada sosok yang dicintainya dan mengatakan bahwa dia jatuh cinta, namun hati berkata sebaliknya dan memilih untuk diam. Bahkan untuk membenci pun dia tidak sanggup karena sudah terlalu cinta.

7. I’m Serious

Lagu selanjutnya berjudul I’m Serious. Lagi – lagi Day6 membuat gebrakan baru dengan mencoba genre yang baru. Dalam lagu ini dengan iringan nada yang ceria dan santai, membuat siapapun yang mendengarkannya menggoyangkan kepala mengikuti irama.

Lagu ini sangat Easy Listening. Banyak yang merekomendasikan untuk mendengarkan lagu ini di kala musim semi tiba. Untuk liriknya sendiri menceritakan tentang perasaan seorang pria yang cinta sendirinya bisa diketahui oleh wanita yang sedang ia sukai.

Di sisi lain, video klip yang disuguhkan pun sangat ceria, walaupun lirik lagunya mengandung kesedihan. Dalam video klip, kita bisa melihat pemandangan laut yang sangat istimewa dan menyegarkan mata.

Nah demikian beberapa rekomendasi lagu dari Day6 yang wajib masuk playlist. Eits, ada lagu kesukaanmu?