7 Rahasia Kesuksesan Pengusaha yang Harus Kamu Tahu

14

Menjadi seorang pengusaha adalah suatu pekerjaan yang saat ini banyak digandrungi oleh kaum millenial, bisa dilihat dengan kasat mata pengusaha muda sudah menjamur di mana-mana. Namun terlepas dari itu, menjadi seorang pengusaha tidak semudah apa yang dibayangkan tentu ada proses yang harus dilewati dan itu membutuhkan sebuah keyakinan dan pengorbanan yang besar. Untuk kamu yang berminat terjun di dunia bisnis, ini dia 7 rahasia pengusaha sukses menurut Brian Tracy dalam bukunya The Way To Wealth.

1. Kejelasan

Kejelasan adalah unsur penting dari seorang pengusaha, kamu harus benar-benar mengetahui siapa diri kamu dan apakah kamu benar-benar mengiyakan dalam hatimu untuk menjadi seorang pengusaha bukan karena orang lain, apa visi dan misi kamu, apa hal penting dalam kehidupan kamu, bagaimana gambaran kedepan mengenai bisnis kamu, bisnis dalam bidang apa yang akan kamu jalani, apa tujuan hidupmu serta bisnismu, apa yang ingin kamu capai dalam kehidupan finansialmu, dan perbedaan apa saja yang ingin anda perbuat dalam kehidupan orang lain. Yakin dan percayalah semakin jelas apa yang ingin kamu lakukan maka itu akan memudahkan kamu untuk mencapai sesuatu yang indah dalam kehidupan.

2. Kompetensi

Kamu harus memiliki kapabilitas yang mumpuni jika ingin mengeluarkan sebuah produk atau jasa dan tentunya setiap orang memiliki kapabilitasnya masing-masing dan itulah kabar baik untuk kita semua agar selalu mengasah kelebihan yang dimiliki. Penulis good to great yaitu Jim Collins, mengatakan bahwa untuk dapat berhasil dalam bidang bisnis kamu harus menemukan tiga persyaratan yaitu, pertama adalah bidang tersebut mampu membuat kamu bergairah, sesuatu yang benar-benar kamu yakini dan senang untuk kamu lakukan.

Kedua, bidang tersebut harus sesuatu bidang dimana kamu memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik, untuk menjadi lebih baik dari 90 persen orang yang di bidang tersebut. Ketiga, bidang tersebut haruslah menghasilkan produk atau jasa yang menguntungkan dan memungkinkan kamu untuk mencapai kebebasan finansial. Selain itu menurut Harvard Business School, aset yang paling berharga yang dapat dikembangkan oleh sebuah perusahaan adalah “reputasi-nya”. Misalnya kualitas produk dan jasa yang kamu tawarkan, atau kualitas manusia yang memproduksi atau yang menawarkan produk atau jasa tersebut.

3. Kendala

Dalam hidup ini tentu ada saja kendala, layaknya batu yang berserakan dijalan yang dapat membuat kita terjatuh. Begitupun dunia bisnis, maka dari itu kemampuan mengindentifikasi adalah faktor terpenting untuk mencapai sasaran yang diinginkan.

4. Kreativitas

Ketika berani terjun atau memutuskan terjun ke dunia bisnis itu berarti kamu harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru karena inti dari bisnis adalah inovasi. Inovasi adalah kemampuan untuk menemukan cara yang lebih cepat, lebih baik, lebih murah, dan lebih mudah dalam memproduksi. Kamu harus paham bahwa seorang pengusaha adalah mereka yang fokus pada solusi bukan masalah. Semakin kita berpikir untuk mencari solusi maka semakin banyak ide yang dapat kita temukan yang akan menjadi sumber solusi.

5. Konsentrasi

Cara sederhana untuk belajar berkonsentrasi adalah membuat suatu daftar apa yang dilakukan setiap hari sebelum kamu memulainya. Susunlah daftar tersebut berdasarkan prioritas hal ini sama saja memberikan pembelajaran pada diri sendiri untuk disiplin dan secara tidak sadar produktivitas anda akan meningkat.

6. Keberanian

Mental berani adalah mental yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha, ada berbagai resiko yang kelak akan ditemui karena bisnis yang akan dijalani tentu tidak berjalan mulus begitu saja. Tentu berani tidak hanya sebatas itu, Ralph Waldo Emerson mengatakan bahwa “semua kesuksesan besar adalah bentuk kemenangan dari suatu kegigihan”.

7. Tindakan berkesinambungan

Seorang pengusaha akan terus mencoba sesuatu yang baru, sebab jika rencana pertama gagal maka ada rencana kedua untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang pengusaha tentu memiliki kualifikasi pertama mereka mempelajari lebih banyak hal, kedua mereka mencoba lebih banyak hal, ketiga mereka lebih lama bertahan dibandingkan dengan orang lain.

Itulah tujuh rahasia sukses seorang pengusaha yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Intinya adalah niat, setelah memiliki niat maka eksekusi dengan tindakan karena sesuatu yang diimpikan tanpa tindakan sama saja dikali nol. Semoga bermanfaat.