7 Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

10

Perangkat keras untuk mengakses internet ada beragam yang diperlukan, secara fisik dapat kita lihat. Mengakses internet melalui system Dial up, Leased Line, Nirkabel dll. Perangkat keras yang berperan agar bisa mengakses internet seperti dibawah  ini.

1.Komputer atau Laptop

Diperlukan seperangkat computer (yang terdiri dari monitor, system unit cpu serta perangkat peripheral seperti keyboard dan mouse) dan laptop. Juga diperlukan kartu jaringan(Network Interface Card), jaringan yang digunakan biasanya jenis Ethernet dan menyediakan port untuk kabel yang terhubung ke modem.

2. Modem

Modem berfungsi sebagai penerjemah data atau informasi dalam bentuk sinyal digital diubah menjadi sinyal analog, yang nantinya akan dikirim melalui kabel telepon analog. Modem(Modular Demodulator) juga berfungsi  untuk memisahkan data dari sinyal kabel telepon ketika kita menerima data dan informasi dari internet.

Kecepatan modem untuk melakukan transfer data dan informasi diukur dengan (bit/second=bps) satuan bit per detik. Modem dibedakan menjadi 2,Modem internal dan modem eksternal.

  • Modem Internal : Perangkat yang dipasang menjadi satu denga motherboard pada system CPU(Central Processing Unit)
  • Modem Eksternal : Perangkat yang terpisah dari system unit CPU(Central Processing Unit) yang bisa dihubungkan dengan kabel atau frekuensi.

3. Internet Service Provider (ISP)

Merupakan penyedia layanan untuk akses internet, yang dapat terhubung ke internet dengan mendaftarkan diri menjadi pelanggan. Pelanggan ISP seperti Indonet, Telkomnet, Indosat net dll. Perangkat ISP untuk terhubung dari computer ke internet antar lain dari modem, firewall dan router.

4. Public Switch Telephone Network (PSTN)

Merupakan Jaringan telepon yang menyediakan jasa Telekomunikasi melalui kabel telepon yang terhubung ke modem.

5. Mengakses internet melalui system Leased Line

Selain cara diatas yaitu dial up, bisa juga menggunakan system Leased Line dengan menghubungkan diri ke ISP. Hubungan antara computer dengan ISP melalui system Lease line hampir sama dengan dial up seperti empat contoh diatas.

Perbedaan di sini terdapat pada fungsi kabel telepon yang hanya digunakan secara khusus menghubungkan ke ISP, sehingga membuat kabel tidak bisa digunakan untuk telepon ataupun mengirim pesan lewat fax simile. Untuk mendapatkan layanan ini kita harus mendaftar diri ke perusahaan yang menyediakan jasa seperti Indo net, Telkom net dll.

6. Mengakses internet melalui system Nirkabel

Dalam penerapan layanan koneksi internet ke ISP bisa dilakukan melalui Nirkabel. Teknologi Nirkabel ini diciptakan untuk mengatasi kerumitan pada lalulintas yang padat atau daerah yang sulit dipasang kabel sebagai penghubung.

Nirkabel menggunakan gelombang radio untuk menstransmisi data dan informasi. Perangkat Nirkabel berbeda dengan Dial up atau Leased line walaupun fungsinya sama.

Modem nirkabel digunakan sebagai perangkat keras internal yang dipasang pada computer dan menara pemancar yang berada di luar sebagai perangkat keras eksternal untuk memancarkan gelombang dan informasi.

7. Mengakses internet melalui system Telepon Seluler

Perangkat telepon seluler bisa digunakan media untuk dapat mengakses internet. Terdapat General Packet Radio Service (GPRS) dan SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS.

Untuk mengakses internet Telepon seluler digunakan sebagai modem, sinyal dari telepon seluler akan dilanjutkan dan diterima perangkat Gateway dari ISP. Perangkat Gateway berfungsi menjadi jembatan sinyal dari jaringan internet telepon seluler ke jaringan internet.