7 Manfaat Teh Selain Minuman yang Belum Diketahui Banyak Orang

71
Sumber gambar: tehsanaa.com

Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata, selain sebagai minuman, teh juga mempunyai manfaat lain yang belum banyak diketahui orang. Berikut adalah manfaat teh selain sebagai minuman:

1. Scrub wajah

Jika kamu telah selesai membuat teh, sebaiknya jangan langsung membuang kantung teh celup kamu. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai scrub wajah. Scrub wajah dari teh sangat bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam dan kotoran akibat polusi dan debu.

Caranya cukup mudah. Robek kantong teh dan ambil ampas teh secukupnya. Balurkan pada wajah sambil dipijat dengan lembut. Biarkan selama 5 menit dan cuci hingga bersih.

2. Pewangi

Beberapa jenis teh memiliki aroma atau wangi tertentu, misalnya teh melati atau teh dengan aroma buah. Teh yang memiliki aroma yang lebih tajam seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai pewangi.

Bagi kamu yang suka berolahraga, kamu bisa meletakkan sekantung teh ke dalam sepatu agar sepatu tidak berbau apek. Begitu pula dengan lemari pakaian yang terkadang berbau apek. Gantungkan beberapa kantung teh untuk membuatnya lebih wangi.

3. Pembersih kaca

Jika kamu kesulitan untuk membersihkan kaca, kamu bisa menggunakan teh sebagai solusinya. Cukup oleskan kantung teh yang setengah basah atau semprotkan air teh ke kaca dan keringkan dengan lap bersih. Kaca kamu pun akan bebas dari kotoran yang membandel dan tampak lebih kinclong.

4. Menghilangkan bau amis

Tangan kamu bau amis setelah memotong ikan atau memakan ikan?  Bahkan sabun yang harum pun tidak bisa menghilangkan bau amisnya? Tidak perlu bingung, cukup kamu cuci tangan kamu dengan menggunakan air teh dan jreng… bau amis pun hilang seketika. Mudah, bukan?

5. Membersihkan karpet

Karpet menjadi salah satu tempat berkumpulnya keluarga terutama tempat anak-anak bermain. Tapi sering kali karpet justru berbau apek dan mudah kotor.

Untuk mengatasinya, cukup taburkan daun teh ke atas karpet dan biarkan selama 15 menit. Lalu bersihkan karpet dengan menggunakan penyedot debu. Karpet kamu pun akan bersih dari kotoran dan bau apek.

6. Obat luka bakar

Kamu sering beraktivitas di luar ruangan? Kulit yang sering terpapar oleh sinar matahari bisa menjadi merah dan bahkan terbakar. Jika sudah begini, mau tak mau kamu harus menggunakan salep.

Namun ternyata hal ini bisa diatasi dengan menggunakan teh, lho. Cukup seduh teh dengan sedikit air dan tambahkan es batu di dalamnya. Siramkan ke atas kulit yang terbakar matahari, lalu tempelkan teh celup pada kulit.

7. Mengatasi gusi bengkak

Teh juga mampu mengatasi masalah pada gigi dan gusi. Bagi kamu yang mempunyai masalah gusi bengkak, kamu bisa mengatasinya dengan teh celup.

Cukup rendam teh celup dalam es batu atau dinginkan di kulkas, lalu tempelkan pada gusi yang bengkak atau berdarah. Pendarahan akan langsung berhenti dan perlahan gusi yang bengkak akan mengempis.

Demikianlah 7 manfaat teh selain minuman yang perlu kamu ketahui. Manfaatkan teh sebanyak mungkin untuk kegunaan lain yang mungkin tidak bisa dilakukan produk komersial di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.