7 Makanan Penyembuh Wasir Yang Sehat

34

Di dunia modern, penyakit bisa beraneka macam bentuknya salah satunya wasir atau ambient. Wasir merupakan gejala umum yang ada pada saat ini. wasir terjadi karena pembengkakan atau radang pada pembuluh darah di dalam atau diluar bagian bawah anus.

Gejala wasir biasanya sering ditandai dengan sakit atau nyeri di sekitar dubur (saat dan setelah buang air besar) diiringi rasa gatal pada dubur dan pendarahan. Wasir terjadi sangat menyakitkan ketika memberikan tekanan pada dubur saat buang air besar.

Sama seperti sembelit,kotoran yang dikeluarkan saat buang air besar dan disertai dorongan untuk mengeluarkan akan terasa sangat menyakitkan. Beberapa tips di bawah ini yaitu berupa makan yang dapat menyembuhkan wasir.

1. Lobak

Jus lobak merupakan salah satu obat alami untuk wasir yang dapat memulihkan peradangan pada pembuluh darah di bagian bawah anus. Minumlah jus lobak sehari sekali atau bisa dipadu dengan maskan lain yang menggunakan lobak sebagai sayurannya.

2. Kulit delima

Kulit delima ini mempunyai antioksidan yang tinggi. Kulit delima dapat membantu penyembuhan sakit wasir. Untuk itu rebuslah kulit delima sebanyak 5 buah dengan segelas air, tunggulah sampai mendidih dan airnya menyusut menjadi setengah gelas dan minumlah rebusan kulit delima tadi.

3. Jeruk nipis dan jahe

Kekurangan mineral atau dehidrasi merupakan penyebab sakit wasir. Untuk mencegah dehidrasi, campur segelas air hangat dengan jeruk nipis atau campur air hangat dengan irisan tipis jahe dan madu. Minum sehari dua kali agar terhindar dari dehidrasi.

4. Buah ara

Buah ara atau buah tin sangat banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat menyembuhkan wasir. Caranya langsung makan isi buah tin atau buah ara. Serat pada buah ara atau buah tin sangat efektif menyembuhakn sakit wasir.

5. Kunyit

Rempah rempah banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk menyeningkatkan daya tahan tubuh. ramuan sederhana yaitu iris tipis kunyit, tuangkan air panas dan masukkan irisan tipis kumis. Diamkan sampai air menjadi hangat lalu minumlah dua kali sehari.

6. Pepaya

Jika mengalami wasir atau sembelit bisa terjadi karena kurangnya serat, hal ini bisa dibantu dengan makan buah papaya yang mengandung banyak serat yang membantu proses pencernaan dan penyembuhan pada radang pembuluh darah di bagian bawah anus.

7. Pisang

Pisang juga dapat mengatasi wasir dengan mennormalkan fungsi usus dalam menyerap air. Buah pisang terkenal kandungan serat yang tinggi sehingga juga bagus untuk proses pencernaan. Makanlah pisang secara rutin setiap hari untuk menyembuhkan sakit wasir atau sembelit.

Itulah beberpaa tips untuk menyembuhkan sakit wasir dengan makanan yang berupa rembpah dan buah – buahan sehingga membantu untuk menyembuhkan radang pembuluh darah dan membantu proses pencernaan di tubuh melalui penyerapan air pada organ pencernaan secara maksimal selain itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.