7 Langkah Menuju Peningkatan 1000 Persen dalam Hidup

20

Setiap orang memiliki kapabilitasnya masing-masing dan tentu lebih baik jika kapabilitas tersebut diasah agar terus mengalami peningkatan. Dibawah ini mari kita simak tujuh langkah menuju peningkatan 1.000 persen

1. Langkah pertama adalah bacalah 30-60 menit setiap hari tentang bidang yang anda minati setiap pagi. Kegiatan membaca ini sama saja dengan satu buku seminggu, 50 buku per tahun, dan 500 buku dalam sepeluh satuh. Membaca kurang lebih sejam setiap hari akan menjadikanmu sebagai seorang profesional yang berpengetahuan, memiliki keterampilan dan dapat dibayar dengan nilai terbesar dibidang yang kamu minati.

2. Langkah kedua adalah tuliskan kembali sasaranmu, gunakanlah buku catatan agar mempermudah kamu untuk mengingat kembali apa-apa yang ingin kamu capai. Lakukanlah hal ini sebelum anda tidur di malam hari atau setiap pagi sebelum berangkat ke kantor, ke sekolah atau ke kampus. Perhatikan peningkatan yang akan kamu alami sebab kamu akan lebih produktif, terkonsentrasi, lebih fokus dan tentunya sangat efektif.

3. Langkah ketiga adalah setiap hari lakukanlah perencanaan terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk ini adalah semalam sebelum atau seminggu sebelum kegiatan tersebut, tulislah satu persatu list-list yang akan kamu lakukan di atas kertas. Jangan mengerjakan sesuatu yang tidak termasuk dalam daftar listmu. Ingat, aturlah aktivitas kamu sesuai dengan prioritas sehingga kamu selalu memiliki jalan yang lebih jelas dan lebih produktif. Pernah mendengar kalimat ini ? “ gagal untuk merencanakan berarti rencana untuk gagal”. Lakukanlah pekerjaan dengan waktu yang terstruktur sesuai dengan jadwal yang kamu tulis.

4. Langkah keempat adalah selalu fokus dalam penggunaan waktu yang paling berharga. Dalam buku The Way to Wealth yang di tulis oleh Brian Tracy mengatakan bahwa “salah satu penyebab kesuksesan orang-orang Amerika adalah orang-orang tersebut melakukan lebih banyak hal yang memiliki nilai yang lebih tinggi, dan penyebab kegagalan nomor satu bagi orang Amerika adalah orang-orang menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang bernilai rendah remeh, atau bahkan tidak berharga”. Ketika kamu mulai fokus pada apa yang benar-benar menjadi prioritasmu dan melakukan hal-hal yang bernilai dibandingkan dengan orang lain maka kamu akan mengalami peningkatan hidup.

5. Langkah kelima adalah, mendengarkan program audio yang bersifat edukasi. Cobalah mengubah waktu mengemudi menjadi waktu pembelajaran. Jadikan mobilmu sebagai universitas yang berjalan, dengarkan audio yang bersifat membangun dan memotivasi.

6. Langkah keenam adalah selalu lakukan evaluasi diri setiap selesai melakukan aktivitas. Di malam hari cobalah untuk merenungkan hal-hal apa saja yang telah kamu lakukan pada pagi hingga sore hari, adakah kesalahan yang telah kamu buat, jika ada maka di hari esok kamu berjanji untuk tidak melakukannya lagi dan cobalah memaafkan setiap kesalahan orang lain padamu agar hati, jiwa dan pikiranmu lebih jernih dalam berpikir dan lebih tenang.

7. Langkah terakhir adalah perlakukan setiap orang yang kamu temui ibarat pelanggan yang bernilai jutaan rupiah. Perlakukan setiap orang yang kamu temui ibarat orang-orang penting semua ketika kamu melakukan hal tersebut maka orang-orang di sekitarmu akan menyukai hal tersebut dan ikut serta menghormatimu. Dan tidak menutup kemungkinan kamu akan diajak untuk berkolaborasi bersama baik itu dibidang bisnis atau yang lainnya yang bisa membawamu pada karir yang lebih baik.

Waktu adalah sumber daya yang paling berharga dalam hidup ini, ketika kamu bekerja sendiri dan memanfaatkan waktu tersebut untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam menghasilkan sesuatu yang lebih berharga maka percayalah kamu akan menjadi orang yang berkompeten, percaya diri, terampil, dan kamu akan dibayar dengan bayaran yang profesional. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share kepada teman-teman dan keluarga agar mereka juga bisa seperti kita ingin menjadi yang lebih baik lagi.