7 Hal Yang Bikin Kamu Kangen Berkunjung ke Pasar Malam

17

Pasar malam adalah salah satu hiburan terutama bagi masyarakat bawah yang hanya bisa dijumpai di saat-saat tertentu. Biasanya diadakan di lapangan atau pasar yang memiliki tempat yang luas.

Pasar malam mulai beroperasi sore hari menjelang magrib sampai larut malam. Tentunya selain wahana permainan ada banyak lapak pedagang yang membuat kita tergiur membelinya.

1. Arum Manis

Salah satu penanda adanya pasar malam adalah pedagang arum manis yang berjejer di sepanjang jalan menuju pintu masuk.  Pedagang lebih sering membuatnya on the spot jadi arum manis masih fresh, tidak kempes. Jadi selain dapat kenikmatan dari arum manis kita bisa dapat ilmu pembuatannya langsung dari ahlinya. Menarik bukan?

Arum manis atau dikenal juga permen kapas diberi pewarna dan dibungkus dengan plastik bergambar. Lalu digantung di langit-langit gerobak. Ada orang yang membeli arum manis sebelum masuk ke pasar malam untuk menjadi cemilan selagi menikmati suasana. Namun, ada juga yang membeli arum manis ketika akan pulang sebagai buah tangan.

2. Gulali

Gulali tradisional yang dibuat berbagai bentuk sampai saat ini masih bisa kita temui di tempat-tempat wisata. Tapi apakah kamu pernah beli gulali yang dicetak dengan kayu?

Jadi penjual akan mengambil gulali secukupnya lalu dicetak dengan cetakan yang dipilih. Agar bisa membentuk, pada cetakan ada lubang kecil yang dihubungkan dengan selang kecil untuk masuk udara.

3. Baju Sablon Nama

Belum sah rasanya kalau pergi ke pasar malam belum beli baju dengan nama sendiri di bagian belakang.Biasanya anak-anak sering dibelikan supaya bisa kembaran dengan saudara atau temannya. Selain nama, kita bisa request gambar bagian depan. Bisa karakter tokoh favorit dalam kartun atau lainnya. 

4. Serba 1000

Lapak yang paling ramai se pasar malam adalah lapak serba seribu Kaum hawa bisa berlama-lama di tempat ini. Mulai dari alat tulis sampai aksesoris rambut juga ada. Walaupun begitu ada barang-barang yang dijual diatas 1000 rupiah. Tapi tetap murah di kantong.

5. Jagung dan Kacang Rebus

Karena pasar malam biasanya out door, angin malam yang dingin tidak bisa kita hindari. Saatnya membeli jajanan yang hangat salah satunya jagung dan kacang rebus. Sambil menikmati suasana dan mengobrol dengan keluarga atau teman bisa ditemani yang hangat – hangat. Selain jagung dan kacang tanah rebus seringkali juga menjual ubi atau kacang kedelai. Cukup 5 sampai 10 ribu kamu bisa dapat banyak.

6. Macam-macam Gorengan

Makanan gurih dan mudah didapat seperti gorengan ini pasti ada di setiap kesempatan. Selain gorengan seperti tahu, tempe, bakwan seperti yang bisa kita temu, di pasar malam gorengan seperti sosis, bakso, kornet karakter, kaki naga, bakpau goreng isi coklat dan macam – macam bentuk frozen food lainnya dijual.

Komplit banget. Dengan harga yang bervariasi dan biasanya dihargai per tusuk. Kita tinggal pilih mau beli yang mana setelah itu penjual akan menggorengkan di wajan atau panci besar. Lalu kita bisa menambahkan saus.

7. Wahana Permainan

Apalagi yang dicari dari pasar malam kalau bukan wahana permainannya. Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba seperti bianglala, komedi putar, ombang banyu, kereta mini dan sebagainya.

Melihat keindahan sekitar dari ketinggian dengan bianglala memang butuh nyali. Biasanya akan dibatas beberapa kali putaran untuk 1 tiket. Nah, di putaran tertentu akan diberhentikan supaya kita bisa menikmati sekeliling dari ketinggian. Bentuk tempatnya seperti sarang burung yang muat sampai 4 orang.

Sedangkan komedi putar biasanya menjadi favorit anak-anak terutama yang masih balita. Ada yang bentuk hewan seperti kuda dan jerapah. Ada juga yang bentuknya seperti kereta kencana.

Pasar malam menjadi tempat hiburan merakyat dan murah meriah. Bahagia di hati juga bahagia di kantong. Namun, jangan lupa untuk menjaga keselamatan terutama pada wahana permainan.Selamat bernostalgia.