7 Fakta Bunga Tabebuya yang Instagramable dan Seperti Bunga Sakura

48

Bulan Oktober – November kemarin warganet di hebohkan dengan Mekarnya Bunga Tabebuya yang ada di kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur. Foto – foto keindahan Bunga Tabebuya tersebar luas di internet khususnya Instagram dengan sangat cepat. Banyak dari warganet begitu takjub dengan keindahannya dan tidak sedikit masyarakat Surabaya yang rela berhenti untuk mengabadikan momen dengan berfoto berlatar bunga Tabebuya.

Selain mempercantik jalanan Surabaya ternyata mekarnya bunga Tabebuya mampu mengubah suasana kota Surabaya yang tadinya identik dengan cuaca panas kini berubah menjadi nuansa musim semi negara Jepang, yang dihiasi bunga Sakura bermekaran warna warni sepanjang jalan.

Kurang lebih sepuluh tahun lamanya pohon Tabebuya mulai ditanam hingga pada akhirnya bulan Oktober – November kemarin dapat dinikmati oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya bunga yang sedang mekar – mekarnya. Sayangnya Tabebuya tersebut hanya dapat bertahan tidak kurang dari dua bulan saja dan bulan Desember ini Bunganya harus gugur.  Ada banyak fakta tentang bunga Tabebuya yang wajib kalian ketahui :

  1. Tabebuya tanaman dari Brasil, termasuk jenis pohon besar klasifikasi dalam kingdom Plantae.

  1. Memiliki kelebihan cenderung lebat bunganya dan tidak mudah rontok selain itu perawatannya sangat mudah cukup memangkas ranting yang rusak atau mati.

  1. Cocok sekali sebagai dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah, umumnya Tabebuya dengan bunga warna Kuning dan Merah Muda.

  1. Akar Tabebuya tidak merusak pekarangan atau bangunan di sekelilingnya.

View this post on Instagram

Tebak ini lokasi nya ada d mana? Yaps, surabaya… Beberapa waktu lalu, kota yg terkenal dengan ikon buaya dan hiu ini ramai d perbincangkan oleh para netijen krna mekarn dan bergugur nya bunga yg mirip dengan sakura yg tumbuh subur d jepang. Tanaman ini bernama Tabebuya. Tanaman jenis ini memiliki kemiripan dengan bunga Sakura. Tabebuya yang tumbuh di Surabaya memiliki beberapa varian warna, yaitu kuning, pink, putih, dan ungu. tanaman ini sudah mulai ditanam sejak tahun 2010 namun msih blm banyak. Eri Cahyadi selaku Kepala Plt Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya mengatakan bahwa saat ini sudah 3000 pohon Tabebuya sudah ditanam merata di sejumlah titik di kota Surabaya termasuk di beberapa jalan protokol. Pemkot Surabaya mendatangkan tanaman Tabebuya dari Malang dan Kediri yg kemudian d budidayakan d kebon bibit surabaya. #kegiatanku #rutinitasku #activitypoints #tanaman #netijen #tabebuya #sakura #surabaya #hits #now

A post shared by Winata Nurin Oey (@winatanurinoey) on

  1. Selain indah, Tabebuya memiliki manfaat luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia yakni mampu menyerap karbon serta polusi dari kendaran-kendaraan.

  1. Habibat sesungguhnya Tabebuya ialah iklim kering, sesuai sekali sebagai tanaman untuk penghijauan.

    1. Selain kota Surabaya, Tabebuya telah ditanam di berbagai kota seperti Malang, Batu, Magelang, Karanganyar.

Bagaimana indah dan unik bukan bunga tabebuya? Jadi ingin main ke Surabaya? Atau mungkin di sekitar daerah kamu ada bunga tabebuya juga? Yang terpenting mari lestarikan tanaman-tanaman yang ada di Indonesia.