7 Cara Terbaik Membakar Kalori Paling Efektif dalam 1 Minggu

54

Mempunyai tubuh yang sehat dan ideal merupakan salah satu tuntutan dalam kehidupan. Bukan hanya permasalahan bentuk fisik, tapi juga kesehatan yang wajib dijaga. Apalagi dengan berbagai aktivitas dan makanan yang sejatinya lebih banyak tidak sehat dibandingkan dengan yang sehat.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membantu tubuh untuk membakar kalori yang berlebihan di dalam tubuh. Bagi kamu yang super sibuk, tidak perlu bersusah payah melakukan olahraga khusus. Banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori asal kamu meluangkan sedikit waktu.

Berikut adalah 7 cara membakar kalori paling efektif yang bisa kamu coba:

1. Stair sprints

Sumber gambar: womenthenest.com

Sprint di tangga adalah salah satu cara membakar kalori paling cepat. Lakukan dengan cara menaiki tangga secara cepat dalam durasi 20 detik. Pertahankan kecepatan dan lakukan selama beberapa sesi dengan jeda singkat. Latihan ini akan membakar sekitar 639 hingga 946 kalori per jamnya.

2. Lompat tali

Sumber gambar: elitedaily.com

Lompat tali menjadi salah satu olahraga yang gampang dan dapat dilakukan kapan saja. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah jump rope yang agak berat untuk melatih kekuatan tangan dan bahu.

Lakukan latihan lompat tali selama 1 jam dengan 120 lompatan per menitnya. Latihan ini akan membakar kalori sebanyak 667 hingga 990 kalori per jamnya. Latihan ini juga membantu membentuk perut menjadi lebih rata.

3. Lari

Sumber gambar: hellosehat.com

Kamu tidak harus memiliki treadmill untuk bisa lari. Cukup bangun pagi dan lari keliling komplek perumahan untuk mendapatkan olahraga yang berkualitas. Lari merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak membakar kalori. Dalam satu jam lari, kamu bisa membakar sekitar 566 hingga 839 kalori per jamnya. Namun pastikan kamu berlari dalam kecepatan 10 menit per milnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Squats jump

Sumber gambar: hiitacademy.com

Olahraga lain yang bisa kamu lakukan kapan saja adalah squats jump. Dengan melakukan gerakan squats jump selama 20 detik dengan jeda istirahat 10 detik, kamu dapat membakar kalori hingga 987 kalori per jamnya.

Lakukan squats jump dalam frekuensi yang semakin ditingkatkan di tiap sesi latihannya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Squats jump juga membantu membentuk bokong dan meratakan perut.

5. Sit up

Sumber gambar: gulalives.com

Latihan selanjutnya adalah sit up. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan orang lain atau sendirian. Latihan sit up yang rutin akan membantu membakar banyak kalori dan membentuk perut yang rata.

Lakukan sit up dengan gerakan sebanyak mungkin dalam 2 menit dan jeda 1 menit. Tambahkan terus frekuensi sit up kamu di tiap tambahan waktu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Latihan sit up akan membakar sekitar 867 kalori tiap jamnya.

6. Push up

Sumber gambar: markbellslingshot.com

Push up bukan hanya membakar kalori, tapi juga membentuk otot perut, bokong, dan melatih kekuatan tangan dan bahu. Push up juga dapat dilakukan dimana saja. Lakukan latihan push up dengan frekuensi yang semakin meningkat di tiap sesi latihan.

Kamu dapat membakar hingga 750 kalori tiap jamnya. Namun ingat untuk terus meningkatkan frekuensi push up agar hasil optimal.

7. Jumping jack

Sumber gambar: womenhealthmag.co.uk

Jumping jack mampu membakar kalori sekitar 600 hingga 847 kalori tiap jamnya. Lakukan jumping jack dengan melakukan lompatan hingga 20 kali dengan jeda istirahat setengah menit. Dan terus tingkatkan frekuensi lompatan dalam tiap sesi latihan. Kamu juga bisa menambahkan barbel untuk menguatkan kekuatan tangan dan bahu.

Itulah cara membakar kalori paling efektif yang bisa kamu lakukan dimana saja. Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga.  Selamat hidup sehat.