7 Cara Merawat Roda Mobil Agar Tetap Awet

20

Berkendara mobil dengan ban yang memiliki kondisi baik dan terawat tentunya salah satu kenyamanan kita saat berkendara. Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting sekali untuk diperhatikan juga. Ban yang memiliki fungsi untuk mengurangi suatu getaran akibat dari jalanan yang tidak rata, ban juga memiliki fungsi sebagai penyeimbang mobil saat berkendara di jalanan tanah yang bergelombang.

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam perawatan ban mobil agar tetap awet.

1.Periksa kondisi ban

Setelah bepergian terutama setelah bepergian jarak jauh, ada baiknya periksa kondisi ban mobil anda. Dengan rutin memeriksa ban mobil karena adanya kotoran seperti lumpur, tanah, atau sejenisnya yang bisa membuat kering dan menempel di ban. Nah, kotoran yang kering dan menempel inilah yang bisa menyebabkan gangguan saat anda berkendara.

2.Perhatikan jumlah barang bawaan

Membawa barang yang banyak saat bepergian, ini sangat berpengaruh bagi roda mobil untuk menanggung beban yang tidak sesuai dengan berat yang di anjurkan. Saat anda bepergian, sebaiknya bawa barang seperlunya saja untuk meringankan beban berat pada mobil anda.

3.Penukaran posisi ban

Penukaran posisi ban bisa anda lakukan, dimana ban depan lebih aus di bandingkan ban belakang. Mengapa? Karena ban bagian depan memiliki banyak fungsi dan kinerja dibandingkan ban belakang. Ban depan berfungsi untuk mengerem dan juga membelok untuk laju kendaraan. Lakukan penukaran posisi ban ini secara rutin, yaitu dalam jarak tempuh kendaraan 5000 kilometer.

4.Periksa angin pada ban mobil

Periksa angin mobil sebelum anda akan bepergian. Untuk desakan angin pada ban harus disesuaikan dengan prosedur panduan saat berkendara. Pengecekan secara rutin wajib untuk dilakukan.

5.Periksa tutup pentil

Banyak yang berfikiran jika tutup pentil pada ban tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Tutup pentil pada ban berfungsi agar angin dalam ban tetap stabil . Selain itu juga, untuk menjaga ban mobil bagian dalam bebas dari kotoran yang tentunya bisa membahayakan bagi pemakainya. Pastikan untuk menutup pentil dengan benar.

6.Periksa velk

Velk yang memiliki kondisi bagus memang sangat penting, akrena velk merupakan komponen yang sangat vital untuk roda mobil anda. Jika velk sudah sedikit retak segera ganti dengan yang baru. Untuk lebih memberikan keawetan velk, kurangi muatan yang berat yang bisa menyebabkan ban menjadi aus.

7.Lihat kondisi jalan

Ada yang tidak sabar dalam melanjukan kendaraan mobilnya. Permukaan medan jalan yang tidak rata atau bergelombang bisa menyebabkan ban mudah mengikis. Untuk melaju kendaraan saat jalan tidak rata, usahakan untuk berkendara pelan agar tidak terjadi benturan pada bagian samping tutupnya.

Itulah, 7