7 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu agar Tidak Dikejar Deadline

12

Sering kali pekerjaan yang tidak sempat diselesaikan di kantor dijadikan sebagai pekerjaan rumah agar dapat memenuhi deadline. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam menuntaskan pekerjaan pun kita senantiasa mengalami gangguan. Entah itu gangguan eksternal dan internal. Bahkan, pekerjaan yang banyak dengan deadline yang singkat lebih dahulu membuat diri panik dan stress.

Lalu, bagaimana caranya untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu? Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima pekerjaan dengan ikhlas agar bernilai ibadah tanpa mengeluhkannya. Selanjutnya, jalankanlah poin berikut untuk menjaga semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

1. Membuat Perencanaan yang Terstruktur

Jangan keburu panik ketika menghadapi pekerjaan banyak dengan waktu yang super singkat. Hal yang harus diperhatikan agar pekerjaan selesai tepat waktu adalah dengan menetapkan perencanaan yang terstruktur. Ukurlah pekerjaan dengan waktu pekerjaan yang tersedia. Upayakan untuk mengerjakan pekerjaan dengan deadline yang singkat terlebih dahulu.

2. Memusnahkan Permasalahan dan Berfokus Pada Solusi

Kerap kali permasalahan muncul ketika Anda mulai memikul banyak pekerjaan. Ini dan itu, mana yang harus didahulukan? Pasti hal tersebut membuat kepala pusing dan berujung pada pekerjaan yang tidak dikerjakan. Lalu, apa yang harus dilakukan? Jangan lupa untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut karena masalah akan lenyap jika solusi sudah didapatkan.

3. Terapkan Skala Prioritas

Agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu, Anda harus memilih pekerjaan yang benar-benar penting. Bukan soal pekerjaan lain itu tidak penting, akan tetapi Anda harus menerapkan skala prioritas. Pilihlah mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dahulu dan lewati dahulu pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak waktu.

4. Jangan Melupakan Deadline

Deadline merupakan batas waktu akhir penuntasan pekerjaan. Deadline tersebut bukanlah hal yang mesti ditakuti dalam menyelesaikan pekerjaan. Catatlah deadline pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jadikanlah deadline sebagai pembangkit semangat dalam bekerja.

5. Tidak Ada Salahnya Menolak

Pekerjaan yang dibebankan kepada Anda adalah tanggung jawab yang harus dituntaskan. Jadi, pekerjaan yang telah selesai melambangkan orang tersebut sudah mengemban tanggung jawab dengan baik. Selain itu, pekerjaan juga menjadi tolak ukur mampu atau tidaknya seseorang menerima amanah baru. Untuk itu, Anda juga diperbolehkan menerima atau menolak sebuah pekerjaan. Bukan berarti ini adalah alasan untuk menjauhi pekerjaan, akan tetapi pekerjaan boleh ditolak ketika Anda merasa tidak mampu untuk mengerjakannya. Hal ini disebabkan oleh alasan bahwa setiap orang memiliki daya yang berbeda ketika menghadapi pekerjaan baru.

6. Temukan Fokus, Jauhi Gadget Jika Diperlukan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan saat ini sangat dipengaruhi oleh gadget. Bahkan, pekerjaan pun juga harus diselesaikan hanya dalam genggaman tangan. Namun, upayakan untuk membangun fokus dengan tidak membuka sosial media dan hal-hal yang melenakan lainnya. Anda disarankan untuk memberi sugesti pada diri agar dapat menahan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

7. Biarkan Dirimu Bahagia

Ya, inilah hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pekerjaan. Ingatlah bahwa pekerjaan akan terselesaikan dengan baik apabila hatimu bahagia. Apabila diperlukan, Anda diperbolehkan untuk berlibur terlebih dahulu untuk mendapatkan pikiran yang tenang demi menghadapi pekerjaan.

Pekerjaan yang sulit sekalipun akan terlewati jika kita ikhlas dan serius dalam mengerjakannya. Yang terpenting adalah menenangkan pikiran terlebih dahulu dan menjaga diri untuk tidak mengeluh. Semangat bekerja, semoga keikhlasan bekerja selalu bernilai ibadah.