7 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Cuek

10

Suasana kantor yang mendukung sangat mempengaruhi kinerja Anda. Entah itu datang dari desain ruangan kantor yang indah, bos yang ramah, hingga rekan kerja yang saling mengayomi. Meskipun bos adalah sosok pemimpin yang ditakuti dan disegani, rekan-rekan kerja yang kompak akan selalu membuat hari-hari di kantor terasa menyenangkan.

Lalu, bagaimana jika rekan kerja tersebut bersikap cuek sehingga terkesan mengabaikan? Sebenarnya hal ini tidak perlu diambil pusing karena setiap masalah pasti memiliki solusi. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi rekan kerja yang cuek.

1. Belajar Memahami Karakternya

Belajar memahami karakter seseorang memang terbilang agak rumit. Waktu yang dibutuhkan juga relatif lebih lama bahkan tidak sembarangan usaha yang dikerahkan dalam memahami karakter rekan kerja yang cuek tersebut. Namun, jalanilah pertemanan bersamanya dan ambillah kesempatan untuk “menyelami” kepribadiannya. Meskipun dirinya cuek, Anda harus memaklumi tentang karakternya yang demikian.

2. Usahakan Untuk Menetapkan Jarak Terhadapnya

Rekan kerja yang cuek belum tentu membawa pengaruh buruk bagi pekerjaan Anda. Namun, usahakan untuk tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Berusahalah untuk tetap netral terhadap rekan kerja yang cuek.

3. Cobalah Menemukan Akarnya

Pernahkah Anda berpikir bahwa rekan kerja yang cuek sebenarnya memiliki alasan untuk berlaku demikian? Kebanyakan di antara mereka yang cuek memiliki masalah dengan berinteraksi atau sebelumnya mereka pernah mengalami kekecewaan terhadap orang lain. Bahkan, rekan kerja yang cuek bersikap demikian karena memang mereka tidak ingin merepotkan dirinya dengan mengurus urusan orang lain. Agar Anda tidak merasa kelelahan menghadapi sikap mereka yang super cuek, Anda bisa menggali alasan kenapa mereka bersikap demikian. Dekati rekan kerja yang cuek tersebut namun perhatikan cara Anda dalam memperlakukannya.

4. Sabar dan Mengalah Saja

Terkadang, rekan kerja yang cuek cenderung membuat orang-orang di sekelilingnya mengalami tekanan batin. Betapa tidak? Mereka lebih memilih untuk memutuskan tindakan seorang diri dan cenderung tidak melihat keadaan orang-orang di sekelilingnya. Namun, mereka juga suka memperhatikan orang lain di beberapa waktu dalam karakter mereka yang cuek tersebut. Diam-diam juga mereka menyimpan rasa muak terhadap orang lain dan memilih untuk cuek.

5. Selalu Berada dalam Keadaan Tenang

Selain harus bersabar untuk menghadapi rekan kerja yang cuek, Anda juga harus selalu mengusahakan diri untuk tetap tenang. Rekan kerja yang cuek pun tidak bisa disalahkan jika Anda mengalami miskomunikasi dalam pekerjaan. Oleh karenanya, usahakan untuk tetap tenang dalam menghadapi sikap mereka yang terkadang tidak pedulian terhadap kondisi orang lain.

6. Jebaklah Ia dalam Sebuah “Cerita”

Siapa sangka bahwa rekan kerja yang cuek ternyata gemar membagikan cerita. Di balik sikapnya yang demikian, Anda harus mengetahui bahwa rekan kerja yang cuek sebenarnya menutupi sesuatu dalam sikapnya tersebut. Bisa saja mereka belum menemukan orang yang tepat untuk menyalurkan uneg-uneg mereka. Sehingga, sikap yang demikian itulah yang lebih menguntungkan mereka dalam bertindak.

7. Sadari Bahwa Sebenarnya Ia Membutuhkan Teman

Selain memiliki banyak cerita yang bisa dibagi, rekan kerja yang cuek juga cenderung membutuhkan teman. Mereka memiliki banyak cerita, namun tidak memiliki teman untuk berbagi. Jebak mereka dalam situasi yang memungkinkannya untuk berbagi cerita. Akan tetapi, jangan pernah menceritakan cerita Anda kepada mereka karena mereka sebenarnya ingin bercerita saja.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi rekan kerja yang cuek. Ketahuilah bahwa mereka pasti memiliki alasan kenapa menjadi pribadi yang cuek. Namun, Anda diharuskan untuk menghargai setiap privasinya. Hal ini dikarenakan orang yang cuek sering terkesan membatasi diri dengan lingkungannya untuk menjaga privasinya.