7 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Bermuka Dua

249

Ketika menghabiskan waktu seharian untuk bekerja, sudah dapat dipastikan bahwa Anda pasti bertemu dengan berbagai macam perilaku dari orang-orang yang Anda temui. Ada yang baik, cuek, periang, penggosip, hingga yang bermuka dua. Diantara sekian banyak watak yang dihadapi setiap harinya, kemungkinan Anda menemui kesulitan ketika berhadapan dengan mereka yang bermuka dua. Mengapa demikian? Mereka yang bermuka dua memiliki kepribadian ganda yang dapat menjadi sangat baik didepan orang yang dibencinya, lalu mengolok-olok orang tersebut dihadapan orang lain.

Apa sih sebenarnya tujuan orang yang bermuka dua di ranah pekerjaan? Sudah dapat dipastikan bahwa hal tersebut dilakukan untuk meraih simpati atasan, namun menjatuhkan rekan kerja yang tidak disukainya. Tentunya sangat sulit sekali ketika harus berhadapan dengan orang seperti itu. Lalu, bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang bermuka dua tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Teliti Akan Semua Perkataan yang Dilontarkan

Dalam menghadapi rekan kerja yang bermuka dua, Anda tidak boleh serta merta mengambil kesimpulan akan setiap hal yang menjadi bahan pembicaraannya. Anda harus mengingatkan diri Anda bahwa rekan kerja bermuka dua identik dengan kebohongan.

  1. Anda Hanya Perlu ”Mengiyakan” Seluruh Perkataannya

Meskipun seluruh perkataan mereka terkesan pahit untuk didengar karena seringnya mengandung fitnah, Anda tidak boleh membantah perkataannya begitu saja. Tahukah Anda bahwa membantah rekan kerja yang bermuka dua sama artinya dengan bunuh diri? Alangkah baiknya Anda diharuskan untuk ”mengiyakan” seluruh perkataannya.

  1. Stop Menerangkan Urusan Pribadi Kepada Orang Lain

Kesalahan terbesar Anda ketika berhadapan dengan rekan kerja bermuka dua adalah menerangkan segala urusan pribadi. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena itu sama artinya bahwa Anda membiarkan rekan kerja tersebut mengembangkan gosip.

  1. Be Independent, Please!

Hal yang mesti Anda ingat dari pernyataan tersebut adalah mencoba menjadi pribadi yang mandiri agar orang lain tidak akan berani bertindak semena-mena terhadap Anda.

  1. Perhatikan Jarak Antara Anda dan Dirinya

Dalam menghadapi rekan kerja yang bermuka dua, Anda tidak perlu memutuskan hubungan terhadapnya. Tetap jagalah profesionalitas dalam bekerja, namun jagalah intensitas pertemuan dengan menyibukkan diri dan fokus terhadap apa yang menjadi tanggung jawab Anda.

  1. Berlagaklah ”Sebodo Amat”

Apapun yang terjadi terhadap rekan kerja yang bermuka dua tersebut, jangan terlalu diambil peduli sekalipun Ia menceritakan hal terburuk mengenai pribadi Anda. Cara terbaik untuk melawan dia yang bermuka dua adalah dengan menyusun strategi karena Anda hanya perlu memperhatikan setiap gerak-geriknya.

  1. Ada Kalanya Anda harus Berdamai dengan Emosi

Hal yang perlu Anda ingat bahwa jangan sesekali terbawa emosi. Berdamailah pada diri sendiri meskipun di tengah ketidaknyamanan sekalipun. Hiasilah diri Anda dengan selalu bersikap positif thinking. Jangan pernah memutuskan untuk membalas dengan sikap negatif karena hal tersebut hanya akan menunjukkan diri Anda tidak jauh berbeda darinya.

Nah, itulah cara yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi rekan kerja yang bermuka dua. Yang perlu Anda ingat adalah jangan membuang energi dengan menumpahkan emosi karena hal itu adalah perbuatan yang sia-sia.