7 Cara Aman Meninggalkan Mobil Saat Mudik

7

Libur panjang Idhul Fitri akan segera tiba buat masyarakat yang berencana pulang kampung. Bagi masyarakat yang mudik ada yang pulang memilih menggunakan pesawat, kereta, atau transportasi umum yang lebih praktis.

Bagaimana jika anda memiliki kendaraan roda empat tapi memilih jasa transportasi umum?Nah, jika anda memilih transportasi umum dan meninggalkan mobil anda di rumah selama liburan, ada baiknya anda harus perhatikan hal berikut ini untuk mengantisipasi mobil anda tetap aman dan tetap baik saat anda kembali dari mudik.

1.Cuci mobil

Sebelum anda mudik terlebih dahulu cuci kendaraan roda empat anda agar terhindar dari timbulnya jamur yang susah dibersihkan pada body mobil dan juga pada bagian kaca. Dan pastikan juga untuk membersihkan bagain interior mobil dengan menggunakan pewangi karena akan ditinggalkan waktu yang cukup lama. Pewangi berguna untuk mengurangi lembab yang mengakibatkan bau khususnya pada bagian kabin mobil.

2.Cabut aki

Ada baiknya aki dicabut agar tidak soak saat ditinggal lama selama liburan. Untuk pencabutan aki sebaiknya aki negative yang dicabut. Untuk pencabutan aki ini di khususkan bagi kendaraan lawas, dan bagi kendaraan yang baru tentunya tidak perlu untuk mencabutnya karena tentunya mesin dan komponen lainnya masih bagus.

3. Lepas rem tangan

Kebanyakan orang yang memiliki mobil, untuk meninggal mobilnya di rumah dan meninggalkan berhari-hari mereka menggunakan rem tangan (rem parkir) untuk menahan mobil agar tidak bergerak. Hal ini sangatlah salah, menggunakan rem terlalu lama atau ditinggalkan berhari-hari bisa mengakibatkan piringan rem dan minyak akan menjadi sangat lengket. Sebaiknya ganjal mobil anda menggunakan menggunakan balok kayu atau ganjalan khusus untuk mobil yang bisa anda temukan di supermarket.

4. Angkat wiper kaca

Jangan lupa untuk angkat wiper kaca agar tidak mengeras. Jika wiper menempel di kaca dalam kurun waktu yang lama, karet pada bagian wiper akan mengeras dan tidak lentur lagi.

5. Gunakan jack stand

Cara ini biasanya tidak semua orang lakukan saat ingin meninggal mobilnya di rumah dalam kurun waktu lama. Tapia da baiknya anda mencoba menggunakan jack stand untuk mengangkat mobil anda agar tidak menempel pada lantai. Fungsi jack stand ini untuk mengimbangi beban mobil agar ban tidak berubah.

6. Gunakan sarung mobil

Yang terakhir adalah gunakan sarung mobil setelah mobil di cuci dan dibersihkan agar mobil terlindung dari cahaya sianr matahari atau debu.

7. Tangki bensin jangan kosong

Jangan tinggalkan bensin mobil anda dalam keadaan kosong, karena hal ini bisa menyebabkan kondensasi atau pengembunan yang bisa menyebabkan karatan pada tangki bahan bakar.

Nah, itulah tips untuk anda yang ingin meninggalkan mobil anda saat anda mudik ke kampung halaman dalam kurun waktu yang lama. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda praktekkan.