6 Warna Kotoran Telinga Menurut Kesehatan

44

Kotoran telinga atau secara istilah medis adalah cerumen adalah kumpulan pada bagian sel kulit mati, rambut, dan kotoran yang berada pada telinga di bagian saluran terluar. Dan ternyata, kotoran telinga ini memiliki fungsi untuk melumasi dan melindungi telinga dari berbagai bakteri atau serangga seperti nyamuk dan sejenisnya masuk ke dalam telinga.

Untuk membersihkan kotoran telinga terkadang kita menggunakan alat pembersih telinga yang bersih dan juga steril. Contohnya saja seperti cottonbud, korek kuping plastic, sampai dengan penyedot kotoran telinga. Namun, ternyata tidak semua kotoran telinga dapat di bersihkan apalagi jika sudah masuk terlalu dalam.

Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan berbagai gangguan telinga dimana kotoran telinga yang menumpuk dan kering. Tahukan kamu jika kotoran telinga memiliki warna yang berbeda-beda seperti hitam, kuning, atau abu-abu.

Dan ternyata, dari perbedaan warna  tersebut menurut pakar kesehatan, warna kotoran pada telingga menandai kondisi kesehatan kita. Ingin tahu penjelasannya?yuk, kita kupas di sini

  • Warna kuning

Jika warna kotoran telinga kamu berwarna kuning, lengket, dan agak sedikit basah itu pertanda telinga kamu sedang dalan keadaan sehat dan juga bebas infeksi telinga sama sekali. Warna ini termasuk normal dan tidak terjadi masalah pada bagian dalam telinga anda.

  • Kotoran telinga disertai dengan darah

Jika kotoran telinga bercampur dengan darah ini pertanda adanya kerusakan pada gendang telinga yang disebabkan karena infeksi telinga. Jika ini terjadi pada  telinga anda segeralah langsung ke dokter THT untuk pengobatan lebih lanjut.

  • Warna kuning pucat

Warna kuning pucat jika terjadi pada anak-anak di bawah umur delapan tahun, itu pertanda telinganya sehat. Sangat berbeda dengan orang dewasa, dimana warna kotoran kuning pucat ini adalah pertanda kekurangan vitamin B.

  • Kotoran telinga encer

Jika ini pernah terjadi pada anda, segeralah periksa ke dokter. Kotoran yang telinga yang encer itu pertanda adanya masalah pada bagian gendang telinga.

  • Warna coklat gelap dan tebal

Jika kamu memiliki kotoran telinga dengan warna gelap dan tebal ini pertanda kamu memiliki gangguan hormonal yang disebabkan karena cemas yang berlebih sampai dengan tingkat stress. Warna coklat gelap dan tebal sangat susah sekalid dibersihkan karena kotoran tersebut menumpuk sehingga menjadi tebal.

  • Warna abu-abu

Pertanda warna kotoran telinga selanjutnya adalah abu-abu, dimana warna  kotoran abu-abu kering, sedikit rapih, dan di barengi dengan gatal pada area telinga ini pertanda datangnya penyakit eksim.

Memahami dan mengetahui berbagai tekstur, warna pada kotoran telinga ternyata patut untuk kita ketahui. Hal tersebut terkadang di sepelekan oleh beberapa orang yang tidak mengerti. Ada baiknya jika kotoran telinga anda memiliki ciri-ciri di atas segeralah periksa ke dokter agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi.