6 Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Oleh Para Guru!

13

Guru merupakan salah satu profesi yang mulia di dalam kehidupan kita. Tanpa adanya guru, kita tak akan mungkin bisa mengenal pengetahuan dengan benar dan juga memperbaiki akhlak kita.

Namun, di balik mulianya profesi guru terkadang apa yang dilakukannya tidak sesuai dengan jasa yang dilakukannya. Salah satunya, pendapatan. Pendapatan yang didapat seorang guru kadang tidak mencukupi kebutuhan hidupnya dan bahkan keluarganya. Maka mau tak mau, seorang guru harus memutar otak dan mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Selain mengajar, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan guru untuk mencukupi kebutuhan hidupnya loh. Mau tau apa saja yang dapat dilakukannya? Berikut ulasannya.

1. Menjahit

Menjahit merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan guru di rumah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa. Masalah tarif pun lumayan, bisa diukur dengan kesulitan dan kerumitan pakaian yang dikerjakan.

2. Ternak Ikan

Beberapa guru ternyata mempunyai usaha sampingan berupa ternak ikan loh. Ikannya pun beragam, ada yang gurame, lele, patin dan beberapa ikan lainnya. Hasilnya pun lumayan, sekali panen bisa mencapai satu juta rupiah. Wah lumayan ya.

3. Berkebun atau Berladang

Bagi beberapa guru yang mempunyai kebun atau ladang, ada baiknya ladang atau kebun tersebut dimanfaatkan untuk menanam beberapa buah atau sayur. Hasil dari penanaman buah atau sayur pun lumayan untuk tambahan kebutuhan hidup.

4. Menjual Olshop

Kecanggihan teknologi kini semakin maju dan pesat. Strategi pemasaran pun lebih cepat meningkat dengan bantuan teknologi. Seperti sekarang ini misalnya, beberapa orang menjual dan memasarkan barang lewat internet dan pembelinya pun cukup mentransfer.

Nah usaha yang satu ini tidaklah rumit loh. Banyak orang yang sudah meraup untung dari usaha yang satu ini. Nggak ada salahnya nih buat guru mencoba usaha sampingan yang satu ini, tapi syaratnya sendiri harus telaten.

5. Makanan

Menjual makanan ringan berupa gorengan atau kue bisa menjadi pilihan bagi para guru yang ingin mencoba menjual makanan. Cukup menyiapkan bahan dan mengolahnya dengan baik dan menitipkannya di beberapa warung atau kantin sekolah maka kita dapat menambah penghasilan.

6. Les Privat

Les privat menjadi pilihan bagi para guru. Untuk biaya privat sendiri berbeda loh ya dengan biaya mengajar umumnya di sekolah. Untuk les privat sendiri, biasanya dihitung per jam dengan jumlah nominal yang sudah disepakati sebelumnya.

Nah itu dia beberapa usaha sampingan yang bisa dicoba bagi para guru. Bagaimana? Lumayan bukan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Beberapa pekerjaan di atas pun juga tidak terlihat rumit, asal kita mau telaten dan pantang menyerah dalam melakukannya. Semoga bermanfaat!