6 Tips Perawatan Mobil Penggerak Roda Depan

22

Sebagian besar kalangan yang membeli mobil, sama sekali tidak memerhatikan mengenai sistem penggerak roda mobil. Padahal, ada tiga jenis sistem penggerak roda mobil, yaitu front wheel drive (penggerak roda depan), rear wheel drive (penggerak roda belakang), dan four wheel drive (penggerak roda depan dan belakang).

Dari ketiga sistem penggerak roda tersebut, ternyata hanya dua sistem penggerak roda yang diminati oleh konsumen Indonesia, yakni penggerak roda depan dan penggerak roda belakang. Untuk kalian yang membeli mobil hanya untuk digunakan di dalam kota, mengirit bahan bakar, digunakan oleh sedikit penumpang, dan tidak suka berakselerasi cepat, maka kalian lebih cocok membeli mobil dengan sistem penggerak roda depan.

Ada banyak sekali mobil dengan sistem penggerak roda depan, seperti Chevrolet Aveo, Daihatsu Ayla, Datsun Go, Honda Brio, Mazda CX-5, Mitsubishi Xpander, Nissan Juke, Suzuki Ertiga, Toyota Yaris, dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat mobil:

  • Ganti Oli dan Filter Sesuai Waktu

Salah satu yang paling penting agar memiliki mobil yang awet dan tahan lama adalah mengganti oli mobil dan filternya secara berkala. Oli memiliki fungsi yang signifikan, seperti mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat dalam mesin mobil. Pada umumnya, oli mobil harus diganti setiap mobil telah menempuh jarak lima sampai sepuluh ribu kilometer.

  • Isi Air Radiator dengan Cairan Radiator

Selalu pastikan air radiator selalu terisi agar terhindari dari overheat. Air radiator sendiri berfungsi untuk mendinginkan mesin. Pilihlan cairan radiator yang memang direkomendasikan dari pabrikan mobil.

  • Panaskan Mobil

Sebelum menggunakan mobil, panaskanlah terlebih dahulu mesin mobil. Sebab, mesin mobil memiliki pelumas yang berfungsi sebagai pelapis komponen-komponen yang bergesekan. Sambil memanaskan mobil, kalian bisa cek kelengkapan lain seperti kondisi ban, lampu mobil, dan lain-lain.

  • Memilih Bahan Bakar

Bahan bakar memiliki peranan yang sangat penting untuk performa mobil. Pilihlah bahan bakar yang mampu membersihkan dan melindungi mesin. Gunakan bahan bakar yang telah direkomendasikan ketika membeli mobil.

  • Membersihkan Mobil

Sering-seringlah membersihkan mobil. Tak hanya pada mesinnya saja, tetapi juga pada komponen luarnya agar tidak adanya kerusakan, seperti karatan di beberapa part mobil.

  • Tune Up Secara Berkala

Ini yang paling penting, yaitu rutin datang ke dealer resmi dan terpercaya untuk tune up mesin. Tune up atau servis ringan sangat penting untuk memastikan bahwa mobil memiliki stabilitas performa yang baik.

Nah, itulah beberapa tips penting untuk merawat mobil agar tetap terjaga dan terawat. Selama perawatan, pastikan selalu mendapatkan fasilitas yang terbaik dan terjamin kualitas pelayanannya. Pastikan juga menggunakan produk-produk yang memang telah direkomendasikan.