6 Tips Mudik Aman Bagi yang Pakai Kendaraan Pribadi

11

Lebaran sudah menghitung hari, banyak kantor dan pabrik yang sudah mulai meliburkan karyawannya. Biasanya momen ini diambil para karyawan untuk melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman (bagi mereka yang merantau). Biasanya mereka yang mudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat dengan alasan agar mudah berkeliling ke kampung halaman nantinya dan juga menghindari tiket transportasi lain (bis dan kereta api) yang harganya melonjak naik dan juga habis dadakan. Nah buat kamu para pemudik yang ingin bermudik menggunakan motor atau mobil pribadi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mudik ke kampung halaman. Apa aja ya? Yuk simak hal berikut :

1. Periksa Keamanan Kendaraan

Para pemudik yang ingin menggunakan kendaraan bermotor ada baiknya melakukan servis kendaraan bermotor di bengkel resmi ataupun terpercaya sebelum pergi bermudik. Mengapa? Karena mudik merupakan perjalanan jauh yang tidak hanya ditempuh satu-dua jam saja, biasanya ukuran waktu yang dibutuhkan pemudik sekitar 5-7 jam. Hal ini dikarenakan banyaknya para pemudik yang baru libur di hari-hari mendekati lebaran. Selain itu servis kendaraan dilakukan untuk menjaga keamanan pengemudi selama berkendara, jadi kalau kamu mau tetap aman dan nyaman jangan lupa servis kendaraanmu dulu sebelum mudik.

2. Bawa barang secukupnya

Untuk yang ingin mudik menggunakan kendaraan roda dua, kamu cukup bawa barang seperlunya. Nggak perlu lah kamu bawa yang banyak layaknya orang yang pindah rumah. Karena dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi kamu dalam berkendara.

3. Istirahat yang cukup

Kalau kamu capek atau mulai ngantuk di perjalanan, ada baiknya kamu memilih rest area atau masjid atau POM bensin terdekat untuk beristirahat sebentar. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan stamina dan konsentrasimu dalam berkendara. Jangan sampai kamu memaksakan kehendakmu untuk berkendara di saat kamu mulai capek dan ngantuk, kenapa? Dikhawatirkan hal-hal yang kurang baik justru akan membuatmu kurang nyaman di jalan.

4. Bawa obat-obatan

Buat kamu yang kadang mabuk perjalanan, apalagi di jalanan musim mudik gini banyak banget kendaraan yang lalu lalang di jalan dan memunculkan kemacetan di jalan sehingga membuatmu mabuk di tengah perjalanan. Ada baiknya kamu bawa minyak angin atau obat-obat lainnya yang biasa kamu gunakan ya.

5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Nah ini penting banget disimak buat para pemudik yang ingin berkendara sendiri, kamu harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, jangan sampai karena sudah ngebet banget ketemu keluarga di rumah eh rambu lalu lintas diterobos aja. Jangan sampai ya, dan satu lagi jangan sampai lupa membawa surat kendaraan seperti SIM dan STNK saat berkendara.

6. Gunakan alat pengaman

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor jangan menyepelekan tentang keamanan, karena ini penting banget. Gunakan helm untuk pengendara bermotor roda dua dan gunakan sabuk pengaman untuk pengendara roda empat.

Nah itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan para pemudik yang ingin mudik menggunakan transportasi milik pribadi. Jangan lupa istirahat di jalan dan patuhi rambu lalu lintas. Selamat berlibur