6 Tips Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

6

Banyak orang memiliki mobil warna putih karena terkesan sangat elegan dan terlihat lebih simpl. Memiliki mobil berwarna putih memang harus memiliki extra dalam perawatannya. Proses perubahan warna pada mobil bisa terjadi setelah kurun waktu 3 tahun. Bahkan jika tidak di rawat dengan baik atau malas untuk merawatnya, warna akan lebih cepat pudar.

Sebelumnya kita pernah membahas cara membersihkan cat mobil putih yang menguning. Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat mobil putih agar tidak menguning. Yuk, kita simak informasinya berikut ini.

1.Cuci menggunakan air bersih

Rutin mencuci mobil adalah hal pertama untuk membuat warna mobil putih tetap kinclong. Untuk mencucinya pastikan mencuci dengan menggunakan air bersih seperti air pam. Gunakan dengan menggunakan air mengalir seperti selang. Jika terkena air hujan, pastikan anda langsung mencucinya karena air hujan memiliki kandungan asam dan garam yang mudah merusak warna body mobil. Setelah proses pencucian mobil selesai, sebaiknya langsung di lap kering. Untuk pencucian lakukan minimal seminggu 3 kali atau sesuai dengan pemakaian.

2.Cuci di tempat yang teduh

Saat mencuci mobil sebailknya mencuci di tempat yang teduh agar air yang sudah tercampur dengan shampoo mobil akan meninggalkan noda  karena mengering yang disebabkan sinar matahari.

3.Penggunaan sabun/shampoo khusus

Untuk pemilihan sabun atau shampoo tentunya harus gunakan khusus mobil. Karena mobil juga harus mengutamakan pH yang bisa menjaga kualitas cat warna mobil tetap tahan lama.

4.Cara pembilasan dari atas ke bawah

Terkadang orang-orang masih sering salah dalam pembilasan mobil setelah di lakukan proses pencucian dengan sabun atau shampoo. Untuk pembilasan yang benar adalah dengan membilas dari atas ke bawah agar kotoran langsung jatuh kebawah. Jika anda melakukan sebaliknya, hal tersebut akan menyebabkan kotoran menyebar dan anda harus dua kali mencuci mobil.

5.Rutin melakukan poles mobil

Dalam perawatan mobil, mencuci saja tidak cukup untuk membuat warna cat mobil putih tetap kinclong. Pemolesan mobil bisa anda lakukan 6 bulan sekali terutama untuk mobil warna putih. Dengan pemolesan secara rutin, warna cat mobil menjadi lebih kinclong dan tidak mudah pudar.

Yang patut anda ingat dan tahu, jangan terlalu sering melakukan pemolesan karena pemolesan juga bisa membuat warna pudar.

6.Parkir di tempat yang teduh

Parkir di tempat yang langsung terkena sinar matahari bisa menyebabkan warna mobil putih menjadi cepat pudar dan menguning. Parkirlah di garasi jangan di taruh di luar di tempat terbuka. Jika anda bepergian carilah tempat yang teduh seperti di bawah pohon agar mobil tidak langsung terkena sinar matahari.

Memiliki mobil warna putih butuh extra khusus dalam perawatannya. Tapi bukan berarti dengan perawatana yang sedikit rumit mobil putih masih menjadi pilihan warna yang di sukai banyak orang di bandingkan warna-warna lain.