6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

18
musim hujan

Memasuki musim hujan tidak jarang diantara kita lebih sering sakit. Hal tersebut selain dikarenakan faktor cuaca juga dikarenakan pola hidup yang kurang tertata. Namun jangan sampai, karena sering jatuh sakit membuat pekerjaanmu terbengkalai. Sampai-sampai produktifitasmu berkurang. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya kamu mencoba cara berikut agar daya tahan tubuh terjaga dan bisa tetap bekerja dengan hasil maksimal :

  • Sedia payung dan jas hujan saat pergi kemana- mana

Meskipun sedikit ribet dan membuat tasmu sedikit terpenuhi, wajib hukumnya kamu membawa payung atau jas hujan ke manapun pergi. Sebab kadang, cuaca sulit terdeteksi. Fungsinya adalah agar kamu tidak kehujanan dan tubuhmu basah kuyup karena air hujan. Yang akibatnya dapat membuat tubuh menjadi demam, masuk angin, hipotermia dan lain sebagainya.

  • Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, selain itu juga dapat merangsang pembentukan sel darah putih yang berfungsi melindungi diri dari infeksi dan berbagai macam penyakit. Terlebih untuk kamu yang memiliki jadwal yang padat, agar tetap bekerja ekstra mengonsumsi vitamin C baiknya tidak di lewatkan ya.

  • Jangan sembarangan jajan

Selain kita tidak tahu bahan apa saja yang di campur untuk mengelola makanan yang kita konsumsi dari penjual. Kesehatan dan higienisnya juga kurang terjamin. Terlebih jajanan yang di jual di pinggir jalan raya. Harus lebih bijak memilih ya sahabat dori.

  • Bawa bekal dari rumah

Agar asupan nutrisi dan gizi tubuhmu terpenuhi. Alangkah lebih baik kamu menyiapkan bekal dari rumah untuk dibawa ke kantor. Saat tiba-tiba lapar melanda, kamu tidak perlu bingung mencari makanan ringan untuk mengganjal perut.

  • Konsumsi air yang cukup

Alasan kenapa kamu harus mengonsumsi air yang cukup. Sebab air mineral memberikan banyak sejuta manfaat pada tubuh. Seperti menghindarkan diri dari dehidrasi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, dan masih banyak manfaat lainnya.

  • Selalu menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah syarat wajib agar terhindar dari berbagai kuman penyebab berbagai penyakit. Begitu pun saat musim hujan tiba. Jalanan becek, dan pergantian cuaca yang tidak dapat diprediksi akan menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Itu sebabnya, kamu harus selalu menjaga kebersihan agar tidak tertempel dengan berbagai jenis kuman penyakit.

Itulah tips agar bisa menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Semoga bermanfaat.