6 Tips Membawa Bayi Saat Liburan agar Tetap Aman dan Seru

28

Bagi para ibu muda, travelling dan liburan bersama bayi adalah salah satu impian yang ingin sekali diwujudkan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk bepergian membawa si kecil. 

Pertanyaan-pertanyaan seperti amankah bila membawa bayi bepergian jauh? Seberapa ribet membawa bayi jalan-jalan? Adakah usia aman dimana bayi boleh bepergian jauh?

Adalah hal yang menantang bagi para ibu muda saat memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh bersama bayi. Bagi kamu ibu muda yang ingin tahu tips dan trik membawa bayi traveling tanpa harus ribet, berikut ini beberapa tips membawa bayi saat liburan atau berpergian jauh yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Simak selengkapnya dibawah ini ya. 

  • Usia Bayi

Hal yang pertama diperhatikan adalah usia bayi. Biasanya usia bayi dimana boleh diajak untuk bepergian adalah usia sekitar tiga bulan.  Namun, ada baiknya mom harus mengkonsultasikan lebih dahulu kepada dokter yang menangani bayi kamu. Satu lagi yang harus diperhatikan adalah kesehatan bayi yang normalnya cepat sekali berubah.

  • Destinasi Liburan

Hal yang kedua adalah memilih destinasi liburan. Disarankan untuk memilih tempat liburan atau traveling yang memang ramah dengan kondisi sang bayi. Ada baiknya memilih tempat liburan yang memiliki nursery room atau ruang khusus bayi. Lalu, hindarkan tempat yang memiliki banyak polusi. Terlebih, disarankan jangan memilih lokasi yang ekstrim serta berbahaya untuk bayi.

  • Bawa P3K untuk Bayi

Membawa peralatan obat – obatan untuk  bayi merupakan hal wajib diperhatikan untuk mom saat ingin mengajak bayi liburan. Karena, bisa saja tujuan liburan kamu tidak cocok dengan kondisi si kecil, atau tidak menjual obat – obatan yang si kecil butuhkan. Kalau sudah begitu, rencana liburan yang sudah tersusun rapi menjadi berantakan deh.

  • Ketahui Nomor Urgensi Kesehatan

Menjelang beberapa hari liburan, jangan lupa untuk membawa si kecil kontrol ke bayi dan periksakan kondisinya apakah sedang dalam kondisi terbaik, dan aman untuk bepergian. Hal ini juga untuk mengetahui kondisi terakhirnya dan membandingkan kondisi bayi saat setelah bepergian nanti.

Simpan juga nomor kontak dokter yang memeriksakan kesehatan bayi. Jadi, kamu bisa antisipasi dan langsung menghubungi sang dokter kalau bayi memiliki masalah dalam kesehatannya. 

  • Bawa Sun Cream dan Layer agar Menjaga Kulit Bayi

Selanjutnya, teruntuk mom yang ingin membawa bayinya ke tempat yang tropis, disarankan untuk membawa sun cream atau tabir surya. Dan untuk mom yang membawa ke tempat yang sejuk dan dingin, jangan lupa untuk membawa layer seperti jaket atau selimut tambahan. Aksesoris seperti kaos kaki dan topi juga disarankan untuk dibawa.

  • Perbekalan Makanan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah perbekalan makanan. Perhatikan jumlah asupan dan makanan yang diperlukan oleh bayi. Karena dengan membawa makanan dari rumah akan menjamin kebersihan dan keamanan untuk si bayi. Disarankan untuk mencari jasa catering makanan bayi yang sudah bersertifikasi dan ada di daerah tempat tujuan liburanmu.

Demikian beberapa tips membawa bayi saat liburan yang bisa kamu terapkan, mom. Terima kasih dan semoga bermanfaat.