6 Tips Melakukan Pengecatan Ulang Dinding Rumah Anda

19

Memiliki hunian yang nyaman tentu salah satu impian bagi setiap orang. Entah dari segi desain interior, tata ruang hingga dekorasi dinding. Untuk dekorasi dinding sendiri biasanya seseorang akan memilih desain dan warna-warna yang disukai.

Namun, tak jarang pula pemilihan jenis cat yang diaplikasikan, ditambah dengan cuaca yang tak menentu membuat cat tersebut tidak bertahan lama dan memungkinkan warna cat menjadi berubah bahkan terkelupas.

Meskipun hal tersebut sering terjadi pada dinding rumah, tapi masih ada cara untuk membuat dinding tersebut kembali seperti baru. Salah satunya adalah dengan mengecat ulang dinding/tembok anda. Berikut cara-cara mengecat ulang tembok yang tepat:

1. Lakukan Pengelupasan Pada Seluruh Bagian Cat yang Lama

Hal utama yang harus dilakukan sebelum mengecat ulang tembok kamu adalah lakukan pengelupasan pada seluruh lapisan cat yang lama. Hal ini dilakukan selain agar cat lebih mudah diaplikasikan, juga akan membuat cat baru tidak terlihat belang dan lebih awet.

Mungkin cara awal ini akan memakan waktu, namun untuk hasil yang lebih baik cara ini bisa menjadi alternatif. Mintalah orang lain untuk membantu agar pekerjaan semakin mudah.

2. Jangan Lupa Pasang Terpal atau Koran Sebagai Alas

Jangan lupa memasang terpal, koran atau sejenisnya sebelum melakukan pengecatan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu prosedur agar saat kita bekerja tidak terlihat berantakan akibat tetesan cat yang tersebar kemana-mana.

3. Menyiapkan Kaleng Cat yang Akan Diaplikasikan

Jika ingin mengecat tentunya kita membutuhkan sekaleng cat yang akan digunakan. Biasanya cat akan dicampur lagi dengan air sebanyak 15 hingga 20 persen dari isi cat.

Hal ini berguna agar cat menjadi lebih cair dan semakin mudah diaplikasikan pada tembok. Jangan lupa cat diaduk bersamaan dengan air menggunakan kayu bekas atau penggaris.

4. Tuang Cat Pada Tempat yang Sudah Disediakan

Setelah cat tadi telah dicampur dengan air, maka cat tersebut bisa langsung kita tuangkan ke dalam tempat/bak cat yang sudah disediakan dan cat dapat diaplikasikan langsung pada dinding menggunakan kuas ataupun roller.

5. Menggunakan Masking Tape

Selain terpal atau koran yang harus disiapkan sebelum melakukan pengecatan, gunakan pula masking tape atau lakban untuk melindungi beberapa bagian penting seperti stop kontak atau sejenisnya agar tidak ikut terkena cat.

6. Mengaplikasikan Cat Pada Tembok

Setelah anda telah melakukan dan menyiapkan point diatas, maka anda sudah siap untuk melakukan pengecatan. Untuk hasil yang lebih baik, biasanya pengecatan akan dilakukan dalam 2 tahap atau 2 kali lapisan.

Di mana lapisan kedua akan dilakukan sekitar 15 menit setelah lapisan pertama. Setelah pengecatan dilakukan, maka anda boleh melepas masking tape atau lakban dari tempatnya.

Itulah beberapa tips mudah untuk mengecat ulang tembok kesayangan anda. Semoga bermanfaat.