6 Tips Berkendara Saat Hujan Deras Agar Tetap Aman

12

Terjadinya hujan yang deras menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya angka kecelakaan. Saat hujan semakin lebat, jalanan akan menjadi licin dan jarak pandang pun menjadi lebih pendek di mana dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Padahal sekarang ini hampir seluruh kota sedang mengalami musim penghujan. Oleh karena itu, perlu Anda perhatikan beberapa hal yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Pastikan Kendaraan sedang Dalam Kondisi Prima

Sebelum Anda bepergian, sangat disarankan untuk menyiapkan kendaraan dengan sebaik mungkin. Persiapan yang baik akan membantu Anda saat berkendara, baik saat hujan ataupun kondisi apapun. Pastikan untuk mengecek kondisi ban, rem, dan mesin. Cari tahu apakah kondisi rem masih bisa mencengkram dengan kuat dan ban tidak bocor ataupun kurang angin serta seberapa tipis permukaannya. Selain itu, cek juga kondisi lampu kendaraan apakah menyala dengan baik dan klaksonnya apakah berbunyi nyaring.

  1. Atur Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Kondisi jalanan yang masih basah bisa membuat jarak pengereman menjadi lebih panjang tiga kali lipat jika dibandingkan dengan kondisi jalanan yang normal. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk bisa mengatur jarak yang aman antara kendaraan Anda dengan kendaraan lain yang ada di depan Anda. Buatlah jarak paling sedikit dua kali dari ukuran kendaraan Anda.

  1. Menyalakan Lampu Kendaraan

Seperti yang sudah Anda ketahui, lampu kendaraan menjadi suatu hal yang wajib untuk dinyalakan saat malam ataupun siang hari. Oleh karena itu, saat kondisi hujan pun seharusnya lampu sudah dinyalakan. Lampu yang menyala akan membantu kendaraan di belakang Anda supaya bisa menjaga jarak aman dengan kendaraan Anda.

  1. Menghilangkan Embun yang Menutupi Kaca

Hujan yang turun dengan derasnya akan membuat kaca menjadi berembun. Jika Anda menggunakan mobil, maka yang menjadi berembun adalah kaca mobil Anda. Sedangkan jika Anda mengendarai motor, kaca helm Anda bisa saja menjadi berembun dan penuh dengan air.

Bagi Anda yang mengendarai mobil, Anda bisa menghilangkan embun tersebut dengan memanfaatkan fasilitas defroster atau bisa juga dengan menyalakan AC supaya embun bisa berkurang. Sedangkan bagi pengendara motor, Anda bisa menepi dulu ke pinggir jalan untuk kemudian membersihkan embun yang ada di helm Anda.

  1. Mengurangi Kecepatan

Saat hujan turun, kondisi jalanan akan menjadi basah dan juga licin. Dengan kondisi jalanan yang seperti ini, tentu bisa membuat kondisi bam kendaraan Anda menjadi mudah mengalami slip. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengurangi kecepatan laju kendaraan yang Anda naiki.

  1. Hindari Jalanan yang Banyak Genangannya

Saat berkendara dengan kecepatan yang tinggi dan Anda melihat ada genangan air, maka sebisa mungkin hindari genangan tersebut. Hal ini dikarenakan Anda bisa saja menghadapi bahaya yang besar di mana pada jalanan yang berlubang tersebut, bisa saja terdapat lubang yang sangat dalam.

Itulah tadi beberapa tips untuk Anda yang akan berkendara saat kondisi hujan. Jangan lupa untuk mengikuti tips tersebut dan selalu utamakan keselamatan baik bagi Anda ataupun pengendara lain.