6 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Tetap Stabil Meski Banyak Hutang

30

Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah, apalagi kalau lagi banyak hutang. Mau tidak mau ada saja yang harus ditekan atau bahkan dihilangkan. Meskipun banyak hutang, tapi bukan berarti keuangan tidak bisa stabil. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan agar tetap stabil meskipun banyak hutang:

1. Selalu buat catatan keuangan

Hal paling penting dalam mengatur keuangan agar tetap terkontrol adalah dengan membuat catatan keuangan. Catatan keuangan berisikan data pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan mencatat setiap transaksi yang terjadi, maka akan jauh lebih mudah untuk mengetahui pos mana yang memerlukan biaya paling besar dan mana yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

2. Hindari kartu kredit

Siapa bilang kartu kredit menolong di saat sulit? Penggunaan kartu kredit ketika memiliki banyak hutang justru akan membuat hutang semakin menumpuk. Sebisa mungkin hindari menggunakan kartu kredit karena akan semakin mempersulit keuangan. Gunakan saja uang tunai atau kartu debit agar pengeluaran jauh lebih terkontrol.

3. Cicil hutang

Cara terbaik untuk segera membuat keuangan jadi lebih baik adalah dengan melunasi hutang. Cicil hutang hingga lunas secara perlahan agar keuangan pun tidak terlalu terganggu. Pastikan juga kamu membuat daftar prioritas untuk pembayaran hutang. Lunasi hutang dengan bunga paling besar dan jatuh tempo paling dekat terlebih dahulu.

Jangan pernah berpikir untuk lari dari hutan karena suatu hari bisa saja ketika keuangan sedang jatuh, penagih hutang justru datang menagih. Maka tunjukkan itikad baik dengan mencicil hutang hingga lunas. Berikan alasan yang jelas mengenai keterlambatan pembayaran hutang jika memang tidak bisa membayar tepat waktu.

4. Cari penghasilan tambahan

Cara lain untuk mengatur keuangan agar tetap stabil adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan lain selagi membayar hutang.

Namun pastikan juga pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Carilah pekerjaan sampingan yang juga merupakan hobi sehingga tidak akan merasa bosan untuk terus mengerjakannya. Kamu bisa mencoba membuka les di rumah, menjual kue buatan sendiri, atau membuka online shop.

5. Tahan selera

Ketika hutang masih menumpuk, sebaiknya ikat pinggang sekencang mungkin untuk menahan selera. Ketika timbul keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan, segera ingat tumpukan hutang. Dengan semakin mengingat betapa sulitnya melunasi hutang, maka selera pun akan bisa dikendalikan. Pengeluaran juga akan semakin mudah ditekan.

6. Jangan pernah coba cara gali lubang tutup lubang

Meskipun hutang membengkak dan semakin membuat hidup tak nyaman, tapi jangan pernah mencoba untuk melakukan cara gali lubang tutup lubang. Cara ini sebenarnya sama halnya dengan menggunakan kartu kredit. Meskipun terlihat aman tapi hanya sementara karena selanjutnya justru akan membuat hidup semakin sengsara dan hanya menambah beban hutang saja.

Itulah tips untuk mengatur keuangan agar tetap stabil meskipun banyak hutang. Hutang sering kali tidak bisa terhindarkan, namun bukan berarti kita harus menambah hutang untuk terus menutup hutang lainnya.

Aturlah keuangan dengan baik dan gunakan uang seperlunya agar tidak semakin terbelit dengan hutang. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Terima kasih.