6 Sikap Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Loh Guys, Cek Yuk!

25

Dewasa bagi sebagian orang diukur dari pola pikir dan sikap yang dimiliki seseorang. Semakin ia mampu memposisikan dirinya dengan tepat di lingkungan sekitarnya dan juga orang lain maka ia bisa dikatakan dewasa. Sebaliknya, jika kamu sudah cukup umur tapi pola pikir dan cara bertindak masih terlalu kanak-kanak maka kamu tak akan pernah dipandang dewasa oleh orang-orang.

Sikap dewasa ini dapat tumbuh dengan sendirinya dan dapat dilihat dari cara berpikir seseorang memecahkan masalah, mempertimbangkan masalah, dan masih banyak lagi. Nah kira-kira sikap apa aja sih yang menandakan dirimu sudah dewasa ? Berikut ulasannya

1.Bertanggung Jawab

Seseorang yang sudah dewasa akan bertanggungjawab terhadap apa yang menjadi kewajibannya. Ia akan menyelesaikan kewajiban dan tugasnya dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Baginya apa yang menjadi kewajibannya adalah tanggung jawabnya yang tidak mungkin dilimpahkan ke orang lain begitu saja.

2. Tidak Mudah Tersinggung

Orang yang sudah dewasa akan berpola pikir yang dewasa juga. Ia tidak akan memasukkan segala perkataan buruk tentang dirinya yang didengar dari mulut orang lain. Baginya itu adalah motivasi untuk selalu memperbaiki diri untuk menjadikan dirinya menjadi lebih baik ke depannya.

3. Memaafkan

Seseorang dikatakan dewasa apabila ia melakukan kesalahan, ia akan meminta maaf terlebih dahulu. Tidak memandang usia, kasta, dan lainnya. Baginya hidup dengan damai adalah suatu hal yang membahagiakan daripada membuat masalah dengan orang lain.

4. Tegas

Orang dewasa selalu tegas dalam berpikir dan bertindak. Ia akan memilih dan mempertimbangkan resiko yang diambilnya dan juga tujuan yang ingin dicapainya.

Ia juga tidak mudah terpengaruh dengan kenikmatan yang sesaat. Baginya apa yang sudah menjadi keputusannya adalah yang terbaik untuk dilakukan.

5. Serius

Orang dewasa selalu serius dalam menyelesaikan masalah, tidak main-main dan tidak egois. Baginya semua masalah akan ada jalan keluarnya, jika memang dipecahkan dengan baik dan teliti, tidak mengedepankan ego dan emosi.

6. Berkata Seperlunya

Bagi orang dewasa, mengatakan hal yang tidak penting bukanlah hobi untuknya. Baginya berkata seperlunya adalah hal yang lebih baik dilakukan.

Jika perkataan yang dilakukan hanya membuang-buang waktu dan kurang bermanfaat untuk orang lain ia tidak akan melakukannya.

Nah itu dia beberapa sikap yang menggambarkan kalau kamu dewasa. Kira-kira kamu sudah punya sifat yang mana saja? Semua orang tentunya berproses untuk menjadikan dirinya lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Mungkin ada pandangan sendiri tentang dewasa versi yang lain. Kenapa dikatakan versi lain? Karena setiap orang juga memiliki pandangan sendiri dalam berpola pikir dan menilai sesuatu.