6 Penyakit Karena Terlalu Sering Mengangkat Beban Berat

8

Bagi Anda yang hobi mengangkat beban berat. Entah itu memang tuntutan kerja atau sekedar hobi olahraga berat. Berhati – hatilah! Karena mengangkat beban berat bisa menimbulkan beberapa penyakit. Entah penyakit ringan hingga penyakit yang berat. Berikut beberapa ancaman penyakitnya.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung adalah penyakit yang gampang sekali hinggap di tubuh seseorang yang terlalu sering mengangkat beban yang sangat berat. Apalagi jika usia kita tak lagi muda. Sakit punggung kerap lebih cepat datang menghampiri kita. Hal itu juga dikarenakan kepadatan tulang yang semakin menurun seiring bertambahnya usia.

  1. Wasir

Wasir atau ambeien adalah benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak atau membesar. Biasanya terjadi akibat terlalu keras (mengejan) saat BAB. Tetapi mengangkat beban berat pun bisa jadi pemicu terjadinya ambeien atau wasir yang disertai rasa gatal di sekitar anus.

  1. Saraf kejepit

Saraf yang digunakan untuk melakukan aktifitas yang sangat berat bisa menimbulkan saraf kejepit. Seperti sering kesemutan, kebas pada bagian tubuh tertentu, dan juga rasa nyeri dapat menjadi tanda bahwa saraf sedang mengalami saraf kejepit.

  1. Infertilitas

Infertilitas bisa diartikan sebagai ketidak mampuan pasangan dalam menghasilkan keturunan. Atau yang biasa orang sebut dengan kata mandul.

Ketidak suburan ini juga bisa diakibatkan karena seringnya mengangkat beban yang sangat berat. Jadi bagi Anda yang seorang wanita, berhati – hatilah jika Anda sedang melakukan aktifitas yang berat seperti sedang bekerja terutama di malam hari. Hal ini bisa mempengaruhi sel telur Anda.

  1. Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi melekungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Membuat tulang tidak lurus sempurna seperti orang normal pada umumnya. Hal ini bisa terjadi diakibatkan seringnya beraktifitas dengan mengangkat beban berat.

Dalam hal ini, tulang belakang akan terasa sakit hingga menjalar ke tangan, kaki, serta pinggul.Jangan abaikan penyakit ini karena di usia produktif pun seseorang dapat mengalaminya.

  1. Pre-eklampsia

Pre-eklampsia biasa dialami oleh ibu hamil. Yaitu sindrom yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein, dan pembengkakan pada tungkai. Biasanya terjadi pada ibu yang baru pertama hamil dengan kondisi yang biasanya terbiasa mengangkat beban hingga 10 kg.

Oleh karena itu, berhati – hatilah jika Anda mengalami ancaman – ancaman penyakit di atas. Waspadailah segala gejalanya. Jika memang sedang tidak kuat melakukan beban terlalu berat, beristirahatlah terlebih dahulu. Atau meminta bantuan orang lain untuk membantu mengangkat beban pada diri Anda.

Jika keluhan tidak berangsur normal, segera periksakan ke dokter supaya tidak terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Karena sesungguhnya lebih baik mencegah daripada mengobati.