6 Minuman Baik yang Wajib Dicoba Untuk Kesehatan Hati

22


Kesehatan hati memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh. Jika terjadi kerusakan pada organ hati maka akan membuat penyakit hati, masalah metabolisme dan bahkan diabetes. Maka dari itu, mengkonsumsi minuman untuk kesehatan hati juga perlu tapi dengan kadar yang tidak berlebihan. Berikut ini merupakan minuman untuk kesehatan hati.

1. Kopi

Kopi merupakan minuman favorit hampir setiap orang. Kopi mampu menawarkan lemak pada hati. kopi mampu menjaga kesehatan hati. Kopi juga dapat melindungi hati dari kerusakan seperti kanker hati. Kopi juga dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan juga sebagai antioksidan di hati. Kopi juga membersihkan tubuh dari zat – zat penyebab kanker.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga membantu untuk mereduksi lemak di tubuh, salah satunya di organ hati. Selain itu, teh hijau dapat mengurangi stress. Dianjurkan untuk teh hijau alami daripada ekstrak. Karena teh hijau alami mempunyai kandungan senyawa yang utuh tidak berkurang daripada harus diekstrak.

3. Jus Aneka Buah berri

Buah berry seperti blueberry, raspberry dan cranberry mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang tinggi disebut dengan polifenol. Antioksidan yang tinggi tersebut dapat melindungi hati dari berbagai kerusakan hati. Minum jus buah berry mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jus Anggur

Jus anggur merupakan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Jus anggur kaya akan vitamin C dan antioksidan. Minum jus anggur dapat melindungi hati dari kerusakan dan peradangan. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi biji anggur juga tanpa dipisahkan dari daging buah saat dibuat jus karena biji anggur juga mengandung antioksidan yang tinggi.

5. Jus Alpukat

Jus alpukat mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan hati. Jus alpukat merupakan minuman yang mengandung senyawa nabati yang dapat membantu kesehatan hati tetap terjaga. Jus alpukat juga mampu membantu menjaga hati dari lemak berlebih saat didapat dari mengkonsumsi makanan yang diproses melalui digoreng.

6. Minyak Zaitun

Makanan dengan banyak lemak sangat tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan hati. Minyak zaitun dapat merilekskan syaraf pada tubuh sehingga kinerja organ dalam termasuk hati lebih terjaga  dan juga memperbaiki fungsi hati. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun.

Cara membuat minuman yang baik untuk kesehatan hati, yang sangat dianjurkan adalah buah berry karena buah berry mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi hal ini mampu menjaga kesehatan hati dan mampu memperbaiki kesehatan hati jika terjadi gangguan hati. Antioksidan yang tinggi juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. pertama siapkan dulu bahan bahan yang diperlukan

  • Buah berry (blueberry, raspberry dan cranberry)
  • Air putih
  • Madu (1 sendok makan)

Kemudian campur semua bahan di dalam mixer. Hal ini bisa divariasi melalui mencampur semua jenis buah berry menjadi satu di mixer atau menggunakan salah satu buah berry untuk dijus. Nyalakan mixernya dan tunggu sampai semua tercampur dengar sempurna, tuangkan ke dalam gelas dan siap diminum. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba.