6 Manfaat Bermain Untuk Si Kecil

10

Anak-anak merupakan fase awal di mana ia mulai belajar banyak hal dan ingin tahu hal-hal baru. Segala cara untuk mendapatkan hal bru tersebut tak melulu didapat lewat belajar formal seperti membaca, menulis atau berhitung. Ada aktifitas lain yang bisa mengajak anak untuk mengenal hal-hal baru, yaitu dengan cara bermain.

Bermain merupakan aktifitas atau kegiatan yang sangat disukai anak-anak. Biasanya kita (orang tua) melihat wajah anak-anak sangat riang gembira berada di posisi ini. Selain membuatnya senang, nyatanya bermain memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak lho ayah bunda. “Ah masa iya ? Bukannya hanya menghilangkan stress saja ?”

Nah, daripada ayah bunda bertanya-tanya, perihal main yang bisa mendatangkan banyak manfaat, yuk kita sama-sama simak ulasan berikut ini.

  • Mengenalkan kosa kata baru

Bermain merupakan aktifitas yang sangat disukai anak-anak. Bohong deh, anak-anak mengatakan tidak suka pada aktifitas yant satu ini. Ternyata, ayah bunda bermain bisa mendatangkan manfaat lho seperti mengenalkan kosa kata baru yang belum diketahui atau belum pernah diucapkan oleh si anak.

  • Menyehatkan

Tahu nggak sih ayah bunda, ternyata bermain membuat tubuh sehat ? Mungkin kita sebagai orang tua bertanya-tanya “ah masa iya ?”, “Nggak mungkin lah”, dan banyak lagi. Nyatanya ayah bunda ternyata memang benar, aktifitas bermain dapat menyehatkan tubuh anak. Hal ini dikarenakan seluruh tubuh anak digerakkan.

  • Mengembangkan kreatifitas baru

Bermain tak melulu kita pandang buruk lho ayah bunda. Nyatanya, dengan bermain anak-anak dapat mengembangkan kereatifitasnya dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, yang tentunya belum pernah dipraktekkan atau dilakukan oleh anak-anak.

  • Meningkatkan kemampuan bahasa

Mungkin kita sering menemukan anak-anak yang memilikikemmapuan bahasa dan gaya bicara yang sangat jelas atau bahkan lebih dewasa daripada kita. Mungkin juga kita pernah menemukan anak yang usianya sendiri, seharusnya sudah bisa berbicara tetapi belum juga bicara.

Nah, ternyata beberapa orang tua justru mengatakan anak-anak yang bermain dengan teman sebayanya atau dibawahnya atau bahkan diatasnya justru memiliki kemampuan bahasa yang baik. Hal ini terjadi karena anak sering berkomunikasi dengan teman mainnya.

  • Mengajarkan pelajaran hidup

Tahu nggak sih ayah bunda, ternyata dengan bermain kita dapat mengajarkan pelajaran hidup kepada anak-anak. Pelajaran hidup seperti bertanggung jawab atas mainannya, saling membantu temannya, membangung sikap kreatif dan inovatif, pemaaf jika temannya melakukan hal yang tidak disukai anak, dan masih banyak lagi pelajaran hidup lainnya yang mungkin kita sendiri belum sadar tentang itu.

  • Meningkatkan daya ingat dan pemahaman anak

Ayah bunda dengan bermain ternyata dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman anak di dalam kehidupan sehari-hari si kecil. Hal ini terjadi lewat aktifitas bermain si kecil, untuk mengingat tiap hal yang telah dilakukannya.

Jadi itu dia 6 manfaat bermain untuk anak. Wah mungkin kita selama ini berpikir dengan bermain anak jadi mudah sakit, anak jadi susah dibilangin, anak jadi ini atau anak jadi itu. Sebenarnya, hal itu hanya pemikiran negatif dari kita saja sebagai orang tua yang cemas dan khawatir terhadap tumbuh kembang anak. Nah, karena sekarang sudah tahu manfaatnya, apakah ayah bunda masih was-was untuk memberikan waktu bermain untuk si kecil ?

Rasa was-was, khawatir, cemas itu boleh terjadi ayah bunda. Tapi imbangi juga dengan sikap positif yang kita miliki. Yuk ajak anak bermain hari ini. Semoga bermanfaat.