6 Makanan Pemicu Benjolan Di Leher yang Wajib Diketahui

12

Kesehatan diri perlu kita perhatikan untuk terhindar dari resiko penyakit baik yang ringan maupun berbahaya. Kesehatan tubuh bisa dirasakan dan dilihat dengan memeriksa kondisi tubuh. Kondisi tubuh yang bisa kita lihat adalah dengan menggunakan mata, yaitu melihat apakah ada benjolan, ruam atau hal-hal lainnya yang terlihat aneh pada kulit atau organ tubuh kita.

Salah satu faktor menurunnya kondisi tubuh kita adalah karena pola makan atau jenis makanan yang kita pilih sehari-hari. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai makanan pemicu benjolan pada tubuh, terutama bagian leher.

Leher merupakan organ tubuh sebagai jalan masuknya makanan melalui mulut untuk dapat dicerna pada organ pencernaan kita. Apabila ada sesuatu yang janggal, misalnya terdapat benjolan, maka perlu dilakukan pemeriksaan sejak dini. Benjolan di leher muncul karena adanya pembengkakan pada area kelenjar getah bening yang disebabkan oleh bakteri atau virus, atau kondisi lainnya.

Sel darah putih akan menggumpal pada satu area dan dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Risiko penyakit akibat benjolan ini adalah terjadinya radang pada tenggorokan hingga adanya kanker. Untuk mengetahui jenis makanan yang mampu memicu benjolan pada leher bisa kita simak pada bagian berikut:

1. Ikan Asin

Ikan asin mampu memicu benjolan di leher apabila pengolahannya berasal dari bahan yang tidak segar. Hal menyebabkan munculnya alergen yang bereaksi pada imun tubuh. Efeknya tubuh bisa menjadi gatal, bahkan membengkak.

2. Daging Unggas

Daging unggas seperti ayam, itik dan unggas lainnya dapat memicu munculnya benjolan pada leher. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang disuntikkan pada unggas.

Sehingga apabila terlalu sering mengkonsumsi daging unggas dapat memicu penyakit dan menyebabkan benjolan pada leher.

3. Tauge

Tauge dapat memicu munculnya benjolan pada leher. Hal ini disebabkan tauge dapat menghambat kerja obat untuk tubuh kita.

4. Seafood

Seafood yang memiliki kandungan lemak yang tinggi mampu memicu terjadinya benjolan pada leher.

5. Makanan yang Diawetkan

Makanan yang diawetkan mampu memicu tumbuhnya benjolan pada leher karena kandungan senyawa kimianya yang mampu berubah menjadi karsinogen aktif.

6. Soft Drink

Soft drink seperti soda memiliki kandungan gas, kafein dan pewarna yang mampu memicu terjadinya benjolan pada leher hingga kanker. Hal ini diduga karena pewarna yang digunakan berasal dari senyawa kimia.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan pemicu benjolan pada leher. Untuk menjaga kesehatan diri, kamu perlu untuk memperhatikan pola makan juga ya. Selain itu, olah raga juga diperlukan agar tubuh menjadi lebih sehat.

Memiliki tubuh yang sehat dapat memberikan efek positif bagi setiap aktivitas yang kita lakukan. Untuk itu, semoga informasi mengenai makanan pemicu benjolan pada leher ini bermanfaat ya!