6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan

40

Makanan merupakan sumber tenaga utama yang harus dicukupi oleh setiap orang agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan aktif dan semangat.

Makanan yang dikonsumsi untuk manusia pun beragam, ada yang berasal dari hewan dan ada yang berasal dari tumbuhan. Keduanya saling melengkapi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Cara pengolahan makanan pun beragam jenisnya, tergantung orang yang mekonsumsinya.

Bicara soal olahan makanan, terkadang kita membuat atau membeli makanan dengan porsi yang cukup besar. Akibatnya, tidak semua makanan dihabiskan dalam waktu sekejap. Biasanya akan disimpan untuk dimakan keesokan harinya atau beberapa kurun waktu ke depan dengan cara disimpan di dalam kulkas atau dipanaskan.

Tapi tahukah sahabat dori, ada beberapa bahan makanan yang justru tidak boleh dipanaskan karena akan membahayakan diri kita lho. Mau tau apa saja? Ini dia ulasannya.

  • Bayam

Siapa yang tidak tahu sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan serat lainnya yang penting banget buat tubuh. Cara penyajiannya pun gampang, biasanya dibuat sayur. Tapi terkadang untuk menghabiskan sayur bayam tidak sekali makan, sehingga beberapa kali makan baru sayur itu akan habis.

Nah, sayur bayam ternyata tidak boleh dipanaskan lho sahabat dori. Pasti diantara kalian banyak yang nanya kenapa? Iya kan? Jika bayam dipanaskan justru akan menjadi racun dalam diri kamu lho. Hal ini menandakan bahwa bayam bisa menjadi bumerang ketika dipanaskan ya. Untuk mengkonsumsi bayam sendiri harus segera dihabiskan, karena terlalu lama terkena suhu ruang bayam juga tidak baik untuk dikonsumsi.

  • Jamur

Siapa yang suka makan jamur? Jamur biasanya kita makan dengan cara digoreng, dicampur sup dan masih banyak lagi olahan lainnya. Jamur memiliki kandungan yang baik juga lho untuk tubuh kita, karena memiliki kandungan protein.

Tapi tahukah kamu, ternyata jamur sangat mudah terserang mikroorganisme bila dihangatkan. Nah untuk penyimpanan jamur, kamu bisa meletakkannya di dalam lemari pendingin. Hal ini untuk menjaga kelembapan jamur juga.

  • Nasi

Siapa yang tidak tahu bahan makanan satu ini? Bahan makanan yang biasanya menjadi makanan pokok warga Indonesia ini ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa bagi tubuh. Hal ini dikarenakan nasi memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber tenaga untuk manusia.

Tapi tahukah kamu, nasi dapat menjadi musuh bagi manusia jika tidak disimpan dengan benar. Nasi yang dingin dan dibiarkan lama juga akan menjadi bakteri racun yang berbahaya bagi manusia.

  • Makanan bersantan

Siapa yang tidak suka makan rendang? Gulai? Dan makanan bersantan lainnya. Pasti kalian suka dong sama makanan bersantan dan beberapa makanan yang telah disebutkan tadi.

Iya makanan bersantan menjadi makanan yang sangat istemewa bagi para lidah pecinta kuliner. Biasanya makanan bersantan memiliki kandungan lemak baik yang bagus dikonsumsi untuk tubuh. Namun, makanan bersantan juga bisa menjadi jahat jika ia dipanaskan kembali untuk dikonsumsi.

  • Kentang
kentang

Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat dan dapat menggantikan posisi nasi.

Biasanya beberapa orang yang diet atau sedang ada masalah pencernaan mereka lebih memilih makan kentang daripada nasi. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang ada pada nasi sangat tinggi jumlahnya.

Kentang menjadi salah satu makanan yang dilarang untuk dipanaskan kembali setelah dikonsumsi (olahan awal), karena ketika dipanaskan lagi kentang akan menjadi bumerang dengan bakteri jahat yang tumbuh di dalam kentang itu sendiri.

  • Telur

Tahukah kamu telur memiliki kandungan protein yang baik untuk memenuhi gizi tubuh setiap manusia. Biasanya telur dikonsumsi dengan olahan balado, semur, digoreng biasa dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah kamu telur juga bisa menjadi jahat jika dipanaskan kembali. Ia akan menjadi bakteri yang nantinya akan berkembang pada telur yang akan kamu makan.

Jadi itu dia sahabat dori, beberapa makanan yang dilarang untuk dipanaskan kembali. Ada baiknya kamu makan dengan porsi sedikit tapi cepat habis ya. Selain tidak membuang-buang makanan, kamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh kamu lewat makanan yang kamu makan. Semoga bermanfaat.