6 Kebaikan Dalam Islam yang Besar Pahalanya Tapi Sulit Dilakukan

13

Banyak orang yang mengatakan melakukan suatu kebaikan adalah hal yang sulit dan berat untuk dilakukan. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, hampir semua orang sudah sibuk dengan dunianya masing-masing. Nyatanya hal ini salah, karena banyak kebaikan yang dapat kita lakukan dengan mudah dan bahkan kita sering tak sadar diri telah melakukannya.

Mau tahu apa saja perbuatan kebaikan yang sangat mudah dilakukan tapi kadang kita anggap remeh dan sulit dilakukan? Ini dia jawabannya

1Shalat Sunnah

Shalat sunnah menjadi salah satu amalan kebaikan yang sebenarnya sangat mudah kita lakukan. Dengan kita melakukan shalat sunnah, kita akan merasakan beberapa faedahnya diantaranya menghapus dosa-dosa, mendapatkan rejeki, hidup tenang dan tentram dan masih banyak lagi manfaatnya. Nah setiap orang tentunya punya waktu untuk melakukannya, tapi jarang sekali mereka menyadarinya dan melakukannya. Kalau sekarang sudah tahu manfaatnya masih sulit juga melakukannya?

2Senyum

Senyum adalah ibadah dan bentuk amal kebaikan yang paling mudah. Dengan kita senyum ke orang lain, kita dapat membuat hati orang lain yang tadinya suntuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, membuat wajah kita terlihat lebih muda, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Lagi pula Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

تبسمك في وجه اخيك صدقة

“Senyum engkau dihadapan saudaramu adalah shadaqah”

3Menolong Orang atau Makhluk yang Kesusahan

Ketika kita melihat orang lain susah dan membutuhkan bantuan kita, tidak ada salahnya kita membantu orang tersebut tanpa harus menunggu orang tersebut datang dan memohon pertolongan dari kita. Misalnya saja ada semut yang masuk ke dalam air, kita mengetahui hal tersebut. Tidak ada salahnya semut itu kita tolong dengan cara mengeluarkannya dari kubangan air sehingga dia dapat selamat dan melanjutkan hidupnya kembali.

4Meminggirkan Batu atau Duri di Jalan

Ketika kamu lagi di jalan dan melihat batu ataupun duri ataupun benda lainnya yang membahayakan diri orang lain kemudian kamu singkirkan, maka kamu telah melakukan suatu amalan kebaikan yang tidak kamu sadari.

5Membagikan Makanan yang Kita Masak

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda untuk menyuruh putrinya, Fatimah memasak dengan banyak kuahnya. Mengapa? Karena apabila kamu memasak dan tetanggamu menciumnya atau bahkan dia kelaparan maka kamu berdosa. Untuk itu nabi menyuruh putrinya untuk memasak makanan dengan memperbanyak kuahnya, agar nantinya bisa dibagikan ke tetangga-tetangganya.

6Berkata Baik atau Diam

Berkata baik atau diam adalah suatu kebaikan yang sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Karena yang namanya lisan ketika melihat sesuatu yang buruk dan menarik untuk dibahas itu akan secara spontan kita akan membicarakannya. Kita sebenarnya tahu hal itu salah, namun kita masih saja melakukannya.

Itu dia beberapa kebaikan yang sebenarnya mudah kita lakukan, tapi jarang sekali kita melakukannya. Yuk mulai sekarang kita biasakan melakukan hal terkecil dalam hidup kita.