6 Kata Motivasi dan Inspiratif yang Muncul Dari Novel

17

Novel adalah media yang mengandung rangkaian cerita kehidupan yang memiliki berbagai kisah dari segi kehidupan maupun lainnya. begitu juga di zaman milenial ini, fungsi novel masih tetap sama, yaitu memberikan hiburan berupa bacaan cerita bagi para penggemar dan pembacanya.

Novel juga terdiri dari beberapa kategori. Tentunya bagi beberapa orang, membaca novel hanya untuk memuaskan rasa penasaran. Namun, bagi beberapa orang ada yang menganggap novel sebagai motivasi bagi berbagai sisi kehidupan mereka. Berikut beberapa kata motivasi yang inspiratif yang berasal dari novel.

1. “Pilihan Kitalah yang menunjukan siapa kita sebenarnya, jauh melebihi kemampuan kita.”

(J.K. Rowling , Harry Potter and The Chamber of Secrets)

Arti dari kutipan novel terkenal karangan J.K. Rowling ini rupanya cukup di kagumi oleh banyak penggemarnya. Kutipan ini mengartikan bahwa, hidup dan nasib kita, hanya ditentukan oleh diri kita sendiri.

Jika kita memilih berbuat baik maka kita melakukan hal hal yang baik dan bermanfaat. Dan jika memilih berbuat buruk. Maka seperti itulah kita akan dipandang di masyarakat atau arang lain.

2. “Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia”

(Andrea Hirata, Sang Pemimpi)

Andrea Hirata adalah salah satu novelis paling terkenal dengan karya karya nya yang paling best seller, salah satunya adalah novel Sang Pemimpi. Kisah yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk terus berjuang meraih mimpinya.

Dalam kutipannya yang paling terkenal, Andrea berusaha menyampaikan bahwa jangan pernah sekalipun menyerah dan berhenti bermimpi. Karena bermimpi adalah faktor pendorong untuk meraih masa depan yang benar benar kamu inginkan.

3. “Dan bermimpi saja tidak akan cukup. Dan sebuah impian memang seharusnya tidak perlu terlalu banyak dibicarakan, tetapi diperjuangkan.”

(Donny Dhirgantoro, 2)

Seakan terinspirasi oleh jargon Andrea, di dalam novel 2, Donny memiliki kata-kata motivasi yang mengartikan bahwa bermimpi saja tidak akan mengubah duniamu, kamu harus melanjutkan mimpi yang sudah ada padamu untuk diperjuangkan dan dilakukan agar terwujud.

4. “Tidak masalah jika kau dilahirkan di kandang bebek, selama kau menetas dari telur angsa”

(Hans Christian Andersen, The Ugly Ducking)

Didalam novelnya, Hans memberikan gambaran bahwa setiap manusia itu memiliki hak dan derajat yang sama dengan tidak memandang dari keluarga apa kamu dilahirkan. Setiap manusia bisa berubah menjadi manusia yang lebih baik dengan kerja keras dan perjuangannya.

5. “Kadang kadang langit bisa kelihatan seperti lembar kosong. Padahal sebenarnya tidak, bintang tetap disana, bumi hanya sedang berputar

(Perahu Kertas)

Perahu Kertas yang juga merupakan best seller novel memiliki kata kata motivasi yang berarti, jangan menilai sesuatu ketika dia seolah seolah terlihat tidak spesial. Setiap orang itu spesial, hanya saja dia belum menunjukannya.

6. “Dan Tuhan Memelihara ketidakpastian itu pada seluruh umatnya agar manusia terus belajar, terus bermimpi dan ujung-ujungnya kita akan kembali padanya.”

(5 Cm)

Menyampaikan bahwa segala di dunia ini telah diatur oleh Tuhan, manusia hanya bermimpi, berjuang dan meraih kebahagiaannya dan memperoleh hasil dari segala perbuatannya.

Demikianlah 6 kata-kata motivasi kutipan novel yang mungkin pernah kita baca. Semoga bermanfaat ya.