6 Hal yang Mengganggu Produktivitas Saat Bekerja

168

Memiliki karir yang bagus dan cemerlang tentu menjadi impian semua orang. Namun Anda perlu berusaha agar produktivitas dalam bekerja selalu baik dan meningkat. Baik itu bagi karyawan kantoran maupun seorang pengusaha, karena produktivitas akan mempengaruhi hasil yang didapatkan nanti.

Bayangkan bila seorang karyawan bekerja dengan malas-malasan, tidak ada motivasi, telat dateline, dsb, pasti atasan akan marah dan tidak mau mempercayakan pekerjaannya lagi pada Anda. Bisa jadi Anda harus keluar dan mencari pekerjaan baru. Sedangkan bagi karyawan yang rajin, berinovasi dan penuh tanggung jawab, bisa jadi ada kenaikan bonus atau gaji bahkan kenaikan jabatan.

Hal ini juga berlaku pada seorang pengusaha. Kurangnya produktivitas kerja, akan membuat usahanya merugi. Seorang pengusaha dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif agar usaha yang dijalankan laku di pasaran, menarik minat banyak orang dan mendapatkan banyak pelanggan.

Nah, apa saja hal-hal yang bisa mengganggu atau menurunkan tingkat produktivitas dalam bekerja? Ini dia beberapa faktornya:

1. Kecanduan main Hp dan internetan

main-hp-di-tempat-kerja
Sumber: beritabekasi.co.id

Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain hp memang jauh lebih asyik dibanding bekerja. Apalagi sekarang banyak sekali game dan aplikasi menarik yang membuat penggunanya betah berjam-jam menghabiskan waktu dengan hp. Solusinya adalah Anda harus bisa mengontrol diri sendiri untuk membatasi bermain hp atau internetan.

Ada baiknya juga hp disilent ketika bekerja. Terkecuali bila Anda harus menerima pesan penting dari klien, Anda bisa membunyikan deringnya atau menggetarkan. Tapi sekarang mengirim pesan dengan Whatsapp atau Line, bisa dilakukan di laptop. Sehingga Anda tidak perlu pegang hp terus menerus. Lagipula, Anda bisa bermain hp sampai puas ketika sudah pulang bekerja atau saat istirahat kerja.

2. Tidak ada rencana kerja

to-do-list
Sumber: TurbineHQ.com

Merencanakan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan saat bekerja keesokan harinya itu penting. Hal ini agar Anda tidak bingung dalam memprioritaskan pekerjaan. Terkadang banyak pekerjaan menumpuk malah membuat pusing sendiri dan bingung mau mengerjakan apa. Nah, solusinya buat jadwal harian atau mingguan yang berisi list pekerjaan. Prioritaskan pekerjaan yang paling penting atau mendekati dateline agar Anda tidak diburu-buru waktu.

3. Mencampuradukan masalah pribadi dengan pekerjaan

bad mood
www.synergygbl.com

Setiap orang pasti memiliki masalah dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Terkadang bila masalahnya terlalu berat, seseorang tidak fokus dalam bekerja maupun mengerjakan hal lainnya. Dia sibuk memikirkan bagaimana agar masalahnya cepat terselesaikan. Mood-nya di tempat kerja pun bisa jadi jelek, hingga kadang membuat teman kerjanya kesal padanya.

Masalah pribadi dan pekerjaan memang tidak bisa dicampuradukan. Belajar untuk me-manajemen masalah sangat perlu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Anda bisa berkonsultasi dengan teman yang bisa dipercaya untuk memecahkan masalah yang menimpa Anda. Setidaknya hal itu bisa membuat Anda sedikit lega, daripada harus memendam masalah sendiri. Sikap untuk menerima masalah sebagai bagian pendewasaan diri juga bisa Anda terapkan, agar Anda tidak terlalu terbebani dengan masalah tersebut.

4. Bekerja tanpa passion

know-your-passion
sumber: youngindiachallenge.wordpress.com

Inti dari bekerja dan membangun bisnis, tentu semata-mata untuk mendapatkan penghasilan. Namun Anda harus tahu, bahwa passion atau minat Anda dalam bekerja juga menentukan hasil kerja dan pendapatan Anda. Orang yang bekerja dengan passion dan menyukai hal yang dia kerjakan, tidak akan pernah merasa terbebani dan melakukan semua pekerjaannya dengan hati lapang. Bahkan bagi mereka, tempat kerja adalah tempat untuk belajar dan mengembangkan dirinya menjadi lebih baik.

Sedangkan bagi yang bekerja karena terpaksa atau tidak sesuai dengan passion mereka, mungkin kurang semangat dalam bekerja. Seseorang yang tidak tahu minat/bakat/passionnya bisa terjebak dalam zona nyaman. Mereka merasa nyaman dengan apa yang sudah didapatkan di tempat kerja walaupun sebenarnya mereka tidak menyukai pekerjaan tersebut. Sehingga mereka takut untuk mencoba hal baru, karena harus mengulang dari nol kembali. Maka dari itu, perlu untuk menggali apa passion diri sendiri agar bisa berkarir sesuai dengan apa yang diinginkan.

5. Lingkungan kerja yang tidak nyaman

ruang-kerja
Sumber: femina.co.id

Lingkungan kerja juga bisa mempengaruhi produktivitas kerja. Seseorang yang merasa tidak nyaman dengan tempat maupun relasi kerja, akan malas berangkat kerja dan bawaannya mengeluh sepanjang hari. Ciptakan suasana kerja yang nyaman, menyenangkan, dan saling mendukung satu sama lain. Apabila ada masalah, selesaikan bersama dan jangan saling menyalahkan.

Ketika ada rekan kerja yang salah, cobalah untuk dinasehati baik-baik dan jangan langsung emosi. Hal ini juga berlaku untuk atasan, karena atasan yang selalu marah-marah di segala situasi, bisa menjadi faktor karyawan tidak produktiv dalam bekerja. Jadilah atasan yang tidak hanya sekedar memberi perintah, tapi juga menjadi contoh dan inspirasi yang baik bagi karyawannya.

6. Gangguan Kesehatan

gangguan-kesehatan
Sumber: ipkbkaltim.com

Bagi Anda yang mempunyai gangguan kesehatan, lebih baik bicarakan dengan rekan kerja dan atasan. Sehingga ketika Anda sedang tidak enak badan atau memerlukan pengobatan berhari-hari, rekan kerja dan atasan bisa memahaminya, serta ada yang mem-backup pekerjaan. Lalu bagi Anda yang tidak ada masalah kesehatan, ada baiknya menjaga pola hidup sehat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan biasakan begadang, karena itu akan membuat Anda mengantuk di pagi hari, badan tidak segar dan merasa capek, sehingga pekerjaan pun tidak diselesaikan dengan baik.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan perhatikan agar produktivitas kerja tidak terganggu. Suasana hati saat bekerja juga mempengaruhi pekerjaan Anda. Jadi biasakan bekerja dengan pikiran positif dan syukuri setiap hal yang Anda miliki. Karena dengan bersyukur akan membuat Anda menjadi lebih bahagia.