6 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Sekolah Untuk Anak

18
source: bidanku

Orang tua memiliki peranan yang sangat luar biasa untuk buah hatinya. Segala hal yang menjadi kebutuhan buah hatinya pun menjadi tanggung jawab bagi orang tua. Alasan materi pun, tak akan pernah kita dengar dari mulut orang tua demi mencukupi kebutuhan hidupnya.

Pendidikan menjadi salah satu hak yang dibutuhkan anak mengingat mereka membutuhkan ilmu pengetahuan guna mengarahkan mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mengerti hal yang baik dan buruk serta mengembangkan sumber daya alam yang bisa dieksplor dengan baik.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua sebelum mendaftarkan anaknya di salah satu lembaga sekolah. Apa saja ya ? Ini dia ulasannya.

  • Visi misi sekolah

Ayah bunda sebelum memasukkan anaknya ke suatu sekolah atau lembaga formal lainnya. Ayah bunda bisa baca nih visi misi sekolah, kira-kira apakah benar-benar menjamin atau hanya menjual visi misi saja di masyarakat ?

  • Lihat program yang ada di sekolah

Tiap sekolah tentunya punya program khusus yang pastinya dikembangkan dan menjadi satu program unggulan di sekolah. Nah coba ayah bunda perhatikan apakah program ini sudah berjalan sebagaimana mestinya atau hanya cuma penawaran kosong ?

  • Bisa tanya dulu sama alumninya

Ayah bunda masih ragu sama sekolahnya ? Nggak ada salahnya nih kalau mau mendengarkan testimoni dari para alumni dan para orang tuanya. Mungkin dari situ kita bisa menarik kesimpulan bagaimana sistem sekolah itu dikelola dengan baik.

  • Keamanannya

Sebelum memutuskan buah hati anda dimasukkan ke dalam sekolah atau lembaga formal lainnya, lihat keamanannya. Apakah sekolah itu menjamin keamanan siswa siswinya ? Seperti adanya gerbang atau ada petugas keamanan yang khusus memantau anak-anak ketika di luar kelas.

  • Lihat sarana prasarana

Kalau ayah bunda sudah tahu programnya, coba deh sekarang kita lihat sarana prasarananya. Apakah nantinya mendukung kegiatan anak-anak selama mengikuti pembelajaran atau tidak ? Nah ayah bunda bisa nih tanya-tanya ke pihak sekolah.

  • Jarak tempuh

Ayah bunda juga harus memperhatikan jarak tempuh juga lho. Perhatikan rute jalanan yang biasanya padat merayap. Lalu lokasinya strategis atau tidak. Kemudian, jangan lupa perhatikan daya tahan tubuh anak juga.

Saat ini, hampir mudah kita menemukan banyak instansi atau lembaga formal pendidikan yang masing-masing menawarkan keunggulan dari tiap lembaga yang dipimpinnya. Namun, kita tak bisa juga menjamin apakah instansi atau lembaga tersebut benar-benar bisa membuktikan kebenarannya atau hanya menjual program di masyarakat.

Orang tua kini dibuat bingung dengan banyaknya pilihan sekolah, tapi piliha tersebut jangan dibuat mudah. Orang tua juga perlu tahu bagaimana sih, sistem sekolah itu berjalan ? Apakah sudah baik atau belum dan masih banyak lagi hal lainnya.

Oh iya, ayah bunda juga perlu menanyakan anak, apakah setuju atau tidak jika dimasukkan ke dalam sekolah. Selain itu, ayah bunda juga boleh kok mengajak anak-anak untuk ikut survei tempat. Biasanya dengan begitu anak-anak akan mendapatkan fellingnya sendiri. Semoga bermanfaat.

Jadi itu dia 6 hal yang harus diperhatikan ayah bunda sebelum mendaftarkan anak-anak ke salah satu sekolah.