6 Hal Ini Harus Diperhatikan Ketika Kamu Naik Motor

15
Pemudik Sepeda Motor

Motor, merupakan salah satu kendaraan yang diminati dan digandrungi oleh banyak orang, salah satunya kawula muda saat ini. Hampir tiap rumah bahkan memiliki 2-3 motor. Ya alasan karena kendaraan yang satu ini bentuknya lebih kecil sehingga mudah menyelip-nyelip di sela-sela kepadatan jalan raya. Selain itu, motor juga bukan hal yang mahal lagi untuk mendapatkannya, dengan kita membayar setoran awal saja atau bahkan ada yang memberikan cicilan 0% saja motor sudah diantar ke rumah.

Namun, dibalik mudahnya menggunakan motor ternyata ada beberapa hal sering kita anggap sepele tapi memiliki resiko yang sangat besar bahkan sampai membahayakan nyawa kita lho. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut:

1. Menggunakan Jaket

Jaket memiliki peranan penting ketika kita sedang berkendara. Jaket memberikan perlindungan tubuh kita dari angin, terik panas matahari, dan dinginnya hujan. Nah, buat kamu yang suka pergi jalan-jalan dengan menggunakan motor, kamu harus banget nih pakai jaket kemana-mana.

2. Menggunakan Helm

Buat kamu yang suka pergi kemana-mana, wajib banget harus pake helm. Fungsi helm itu sangat penting banget lho buat kamu, yaitu melindungi kepala kamu dari benturan dan benda lainnya yang membahayakan kepala kamu. Nah, mulai sekarang jangan sering menyepelekan helm ya untuk berkendara.

3. Masker

Masker memiliki fungsi yang penting banget untuk kamu, menghindari kamu dari debu dan polusi yang disebabkan dari kendaraan-kendaraan yang memenuhi jalan. Nah dengan menggunakan masker ini, kamu akan terhindar dari debu dan polusi yang membahayakan dirimu sendiri.

4. Hindari Melakukan Perjalanan Ketika Hujan

Ketika lagi turun hujan, ada baiknya kamu jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan apalagi kamu sendiri tidak tahu terjal medan yang ditempuh. Kenapa? Karena biasanya ketika hujan, medan jalan berubah menjadi licin. Selain medan jalan yang licin, biasanya ada jalanan yang berlubang dan tertutup genangan air sehingga tidak bisa dilihat oleh para pengendara. Solusi yang tepat adalah ada baiknya kamu meneduh terlebih dahulu, dan jika memang kamu memaksakan diri untuk tetap berkendara, jalanlah dengan hati-hati.

5. Tidak Membawa Beban yang Berat

Membawa beban yang berat dan banyak juga menjadi hal yang tidak dianjurkan bagi para pengguna motor. Selain, mengganggu konsentrasimu saat berkendara, membawa banyak barang ternyata juga membahayakanmu di jalan. Misalnya saja, kamu tidak bisa melihat kendaraan lain dari kaca spion dan masih banyak contoh yang lain.

6. Mengantuk

Hindari mengantuk ketika akan berkendara. Kenapa? Jika kamu paksakan, dikhawatirkan akan membuat dirimu dalam bahaya atau justru mengarahkanmu kepada hal yang kurang baik. Nah solusinya jika kamu mengantuk, kamu bisa cuci muka atau membeli minuman untuk mengembalikan energimu kembali.

Nah itu dia beberapa hal yang sering disepelekan tapi ternyata resikonya besar banget jika disepelekan. Lalu jalan baiknya gimana? Taati peraturan berlalu lintas yang baik dan benar, gunakan alat pengaman seperti helm, jaket, dan lainnya serta siapkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar.