6 Ciri Kalau Kamu Punya Sifat Minder yang Harus Dikenali

20

Minder adalah sikap tidak percaya diri seseorang terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Minder biasanya terjadi karena dirinya selalu mengatakan tidak mampu untuk melakukan suatu hal yang sebenarnya dia bisa sendiri untuk melakukan hal tersebut. Beikut ini ada beberapa ciri-ciri kalau kamu tipikal orang yang suka minder :

1. Tidak Mau Berdebat

Ketika kamu sedang berdebat dengan beberapa orang yang menurutmu orang itu memiliki karismatik dan wibawa tentunya kamu merasa tidak percaya diri untuk menyampaikan apa yang kamu inginkan.

Bener nggak? Biasanya kamu merasa apa yang kamu sampaikan itu tidak ada apa-apanya untuk orang disekitarmu. Sehingga kamu lebih suka memilih diam untuk membentengi diri.

2. Merasa Putus Asa

Ketika kamu sedang berada di dalam suatu kelompok dan kamu sendiri merasa nggak yakin kalau kamu bisa melakukannya, kamu akan merasa putus asa.

Hal ini karena kamu selalu menganggap semua masalah sulit dan kamu tidak bisa melakukannya. Padahal kamu sendiri bisa melakukannya.

3. Selalu Merasa Tampilanmu Kurang

Ketika kamu tampil di depan umum, kamu merasa bahwa tampilan dirimu kurang? Itu tandanya kamu merupakan tipikal orang yang minder.

Kamu selalu menggangap segala hal yang ada pada dirimu itu kurang, padahal jika dilihat-lihat kamu sendiri bisa melakukannya dan menghasilkan suatu karya yang sempurna.

4. Mudah Hancur Ketika Mendengar Kritikan Orang Lain

Ketika kamu dikritik orang lain tentang segala hal yang ada dalam diri kamu, dan kamu langsung merasa down. Itu menandakan kalau kamu minder banget.

Lalu gimana caranya biar nggak di cap sebagai pribadi yang minderan? Bersikaplah tenang dan anggap kritikan itu sebagai pribadi yang membangun.

5. Tidak Bisa Mengekspresikan Cinta yang Kamu Miliki

Ketika kamu sedang jatuh cinta pada seseorang, biasanya orang tersebut akan melakukan beragam cara untuk bisa mengekspresikan cintanya. Namun, hal berbeda terlihat dari caramu.

Kamu memilih diam dan biasanya merasa tidak pantas untuk dicintai oleh siapapun. Bahkan kamu lebih memilih melihat dari jauh daripada berusaha untuk terus berdekatan.

6. Ketika Kamu Dipuji Orang Lain, Kamu Merasa Dihina

Ketika kamu kumpul dengan beberapa orang kemudian orang itu memujimu dengan beragam pujian yang sebenarnya sifat-sifat itu ada dalam diri kamu.

Namun, kamu merasa bahwa apa yang diucapkannya adalah hal yang justru membuatmu merasa terhina atau terpukul karena pujian tersebut.

Wah ternyata banyak juga ya ciri-cirinya. Sebenarnya ada nggak sih cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa minder? Berikut solusinya.

  1. Tanamkan dalam diri kamu, bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  2. Jangan mudah tersinggung dengan beberapa kritikan yang diucapkan orang. Anggap itu cambukan untuk melakukan perbaikan.
  3. Cobalah untuk saling berinteraksi dengan beberapa orang yang ada disekitarmu.

Nah itu dia 3 solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa minder. Ingat tuhan menciptakan makhluk tidak ada yang sempurna, namun tuhan juga menitipkan kelebihan-kelebihan dibalik kelemahan yang dimiliki makhluk-Nya. Semoga bermanfaat.