6 Cara Merawat Aki Mobil yang Jarang Dipakai Agar Tahan Lama

80

Aki merupakan salah satu bagian komponen penting bagi kendaraan, entah motor ataupun mobil. Aki berfungsi sebagai penyedia untuk menyalurkan daya listrik ke bagian kendaraan seperti lampu, klakson, starter dan lain-lain.

Namun sebagian orang tidak terlalu memikirkan bagian penting ini. Bahkan mungkin saja bagi yang tidak mengerti sampai tidak pernah merawat aki bahkan mengeceknya pun tidak. Justru seharusnya aki kendaraan dirawat agar kinerja kendaraan juga tetap bagus dan tanpa mengalami masalah tertentu pada kendaraan.

Selain perantara dalam menyalurkan daya listrik ke bagian kendaraan. Adapun fungsi lain dari aku adalah sebagai berikut:

  • Penyimpan energi
  • Komponen penyedia energi ke starter kendaraan
  • Komponen penyedia energi ke sistem pengapian
  • Komponen penyedia energi ke bagian lampu
  • Komponen penyedia energi ke AC
  • Atau komponen penyedia energi ke komponen lainnya

Aki pada mobil haruslah dirawat. Terlebih jika mobil jarang dipakai. Karena jika tidak dirawat maka mobil akan mengalami beberapa masalah kinerjanya. Entah bagian mesinnya atau lain halnya. Pentingnya merawat aki pada mobil yang jarang dipakai karena jika tidak akan berdampak pada usia aki mobil anda. Berikut adalah cara merawat aku mobil yang jarang dipakai:

  1. Memeriksa jumlah elektrolit aki

Rutin dalam memeriksa jumlah elektrolit aki mobil anda sangatlah mudah untuk dilakukan. Karena pemeriksaan ini hanya dilakukan sebulan sekali. Bila aki berada pada bawah garis low level maka artinya elektrolit aki sudah sangat berkurang dan membutuhkan air aki untuk tambahan.

Jika jumlah elektrolit aki anda berkurang maka itu bisa dijadikan bahwa aku anda mengalami masalah misalnya aki tekor atau kendaraan tidak bisa dihidupkan.

  1. Memeriksa terminal aki

Memeriksa terminal aki dapat dilakukan secara visual dengan cara pastikan terlebih dahulu jika terminal aki mobil anda tidak berkarat, berjamur atau bahkan mengalami kelonggaran. Jika hal tersebut terjadi maka yang harus anda lakukan adalah membersihkannya menggunakan air panas karena jamur lebih mudah hilang jika disiram air panas.

Sedangkan jika terminal aki mobil anda mengalami kelonggaran, yang harus anda lakukan adalah mengencangkan terminal aki anda, jika tetap tidak bisa maka sudah saatnya anda mengganti terminal aki baru.

  1. Memanaskan mobil

Jika mobil jarang digunakan setidaknya panaskan mobil sehari sekali selama 10-15 menit atau dibawa keliling sebulan sekali agar aki mobil anda tidak mengalami kerusakan ketika suatu saat hendak menggunakan mobil dalam keadaan penting.

  1. Memeriksa sistem pengisian

Memeriksa sistem pengisian dilakukan dengan melihat indikator yang terdapat pada bagian aki baterai di dashboard mobil.

  1. Tidak menyalakan komponen lain saat menghidupkan mesin mobil

Hindari menyalakan tv, radio atau lampu utama ketika hendak menghidupkan mesin. Jika mesin dalam keadaan mati dalam jangka lama karena tidak digunakan maka kapasitas baterai aki akan terkuras dan aki mobil anda akn tekor.

  1. Memeriksa kualitas aki

Untuk memeriksa kualitas aki, dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama battery load tester. Alat ini digunakan untuk mengetes apakah aki anda bagus atau tidak.

Memiliki mobil yang jarang dipakai dengan kondisi mesin yang masih bagus dan terutama pada bagian aki yang masih tetap bekerja dengan optimal adalah hal yang patut untuk kamu perhatikan. Mobil bukan barang yang murah akan sangat disayangkan jika tidak dirawat.