6 Cara Menata dan Merawat Buku agar Rapi dan Tidak Berantakan

30
buku

Tiap orang pastinya punya buku bukan. Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan dan menambah wawasan baru bagi semua orang. Tak hanya buku pelajaran, buku yang bergenre novel, roman, antologi puisi, ensiklopedia, buku pelajaran dan masih genre buku lainnya tentu dimiliki setiap orang. Terus kira-kira buat kamu pecinta dan pengoleksi banyak buku, kira-kira kamu sudah tahu belum cara ngerawat bukumu biar nggak buluk, berdebu, dimakan rayap dan lainnya gimana? Kalau belum tahu, yuk simak artikel berikut ini.

  • Sediakan rak atau tempat khusus untuk menyimpan buku-bukumu

Buat kamu yang punya banyak banget buku, sekarang bisa tuh menyimpan buku pakai rak, variasinya juga macam-macam sekarang ada yang dibentuk rak gantung dan lainnya sekreatifnya kamu saja. Selain rak, ternyata ada juga kardus bekas yang disulap sebagai rak buku. Hasilnya jangan ditanya, nggak kalah bagusnya. Tapi untuk pemilihan kardus, baiknya kamu pilih kardus yang agak tebal ya, jadi nggak mudah sobek.

  • Sampul koleksi bukumu

Nah banyak banget orang, yang belum tau fungsi dari sampul buku nih. Mungkin sebagian orang mengatakan alasan buku disampul agar terlihat indah, iya sih memang begitu. Tapi selain itu, sampul buku digunakan dengan tujuan agar bukumu tidak cepat rusak dan terhindar dari debu dan kotoran. Buat kamu yang masih bingung, gimana cara nyampul buku yang baik dan benar, bisa kok kalian minta tolong ke toko buku saat kamu membeli buku untuk minta sekalian disampul. Nggak ribet kan?

  • Kelompokkan bukumu sesuai genre

Nah, ini tujuannya untuk mempermudah kamu dalam mencari buku yang kamu cari. Misal kamu nyari buku genrenya novel tapi kamu letakkan di kumpulan buku bengenre antologi puisi. Jelasnya nggak ketemu kan di genre novel tadi. Nah, menghindari kesalahan itu baiknya kamu letakkan sesuai genrenya ya.

  • Jemur buku-bukumu

Buku kok dijemur? Nggak salah? Nggak kok, ini tujuannya untuk menghilangkan dari lembab dan hewan-hewan yang suka makan kertas.

  • Berikan kapur barus atau sejenisnya

Hal ini bertujuan agar nggak ada tuh tamu-tamu nakal seperti rayap dan sejenisnya yang ngicipin lembaran koleksi bukumu. Nggak mau kan koleksi bukumu yang banyak itu digerogotin rayap yang nggak bertanggungjawab itu? Nah, kamu letakkan aja kapur barus atau sejenisnya untuk menghindari bukumu dari para tamu yang nggak diundang itu.

  • Selipkan pembatas buku

Kamu kadang nggak habis kan baca buku dalam sekali duduk? Terus biasanya apa yang kamu lakukan agar halaman yang kamu baca nggak hilang dan memudahkanmu kalau mau membaca lagi? Ngaku deh pasti kalian lebih sering melipat lembarannya kan? Aduh sayang banget, ini justru menghilangkan estetika dari lembaran buku yang kamu punya. Nah, alangkah baiknya kamu bisa selipkan sticky notes atau pembatas buku. Hal ini untuk menjaga estetika lembaran bukumu dan tentunya nggak buat kamu mencari halaman buku yang selanjutnya kamu baca.

Nah gampang banget kan cara untuk merawat buku biar bukumu tetap kelihatan bagus dan baru setiap harinya. Kamu juga nggak perlu banyak ngeluarin biaya juga bukan, hal yang harus kamu lakukan adalah cukup telaten untuk membersihkan rak buku dari gangguan para tamu yang diundang alias hewan-hewan pengganggu.