6 Cara Menabung Ala Ibu Rumah Tangga Ini Wajib Dipraktekkan Loh Bunda

19

Menjadi ibu rumah tangga memang harus pintar dalam mengurus anak dan pekerjaan rumah. Bagaimana tidak? seorang ibu rumah tangga memang sudah seharusnya mampu memanage pengeluaran dan harus bisa menabung sedikit demi sedikit untuk keperluan mendadak.

Banyak sekali memang yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga selain membereskan rumah, memasak dan mengasuh anak juga harus pintar dalam mengatur pengeluaran dan menabung untuk beberapa keperluan mereka setiap saat. Lalu bagaimana cara ibu rumah tangga agar bisa menabung atau menyisihkan uang, simak cara berikut ini:

1. Tidak Menghambur-hamburkan Uang Untuk Membeli yang Tidak Penting

Sebagai seorang ibu rumah tangga memang seharusnya bisa mengatur keuangan dalam belanja atau mengatur uang yang sudah di berikan suami.

Seorang ibu rumah tangga juga perlu menekan pengeluaran untuk tidak membeli sesuatu yang sama sekali tidak bisa di gunakan untuk keluarga atau tidak bisa di gunakan untuk jangka panjang

2. Jangan Memandang Sebelah Mata Uang Receh

Cara yang bisa dilakukan ibu rumah tangga adalah menaruh kembalian recehan di kaleng atau di celengan koin. Hal itu bisa dilakukan ketika ibu rumah tangga mendapat kembalian dari belanjaan, mendapat kembalian dari apa sajalah itu. Uang koin juga bisa menjadi salah satu motivasi menabung di mulai dari yang terkecil.

3. Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Cara lainnya agar ibu rumah tangga bisa menabung adalah Mengatur pemasukan dan pengeluaran bulanan memang penting dilakukan, karena kita tidak tau kapan pengeluaran tersebut semakin bertambah atau berkurang setiap bulannya. Dengan mengatur pemasukan dan pengeluaran ibu rumah tangga bisa menabung sedikit demi sedikit untuk keperluan nantinya.

4. Membuat Buku Tabungan Khusus

Salah satu cara untuk ibu rumah tangga menabung adalah membuat buku tabungan khusus untuk menabung uang kembalian atau uang memang sudah di singkirkan untuk menabung.

Karena pada dasarnya menabung untuk menekan pengeluaran yang terkadang jika kita tidak mengelola uang tersebut dengan baik, maka uang itu juga akan habis dan boros. Maka dari itu, membuat buku tabungan khusus untuk pemasukan merupakan salah satu cara yang wajar.

5. Mentarget Dana Pengeluaran Maksimal

Mentargetkan dana pengeluaran merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menabung. Dengan kita menekan pengeluaran maksimal, seorang ibu rumah tangga pastinya bisa menabung.

Misalnya dengan cara membeli barang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak dan kebutuhan yang memang sangat di perlukan tanpa harus membeli banyak barang yang tidak sesuai dengan keperluan yang ada. Bisa juga seorang ibu menargetkan biaya untuk membeli kebutuhan anak seharga 150000 saja.

6. Mengajarkan Anak Untuk Menabung

Mengajarkan anak untuk menabung mulai dari kecil memang sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga, disamping bisa menekan pembelian yang tidak mereka butuhkan sekali.

Ibu rumah tangga juga bisa membelikan kebutuhan anak menggunakan uang anak tersebut. Mengajarkan pada anak tentang pentingnya menabung memang sangat di perlukan untuk kelangsungan hidup mereka.

Menabung ala ibu rumah tangga yang bertanggung jawab memang bisa dilakukan dengan banyak cara, tapi bukan berarti kita selalu pelit dalam mengeluarkan uang untuk hal yang wajib, bukan? sebenarnya menabung bisa dilakukan kapan saja atau dengan beberapa metode yang bisa di terapkan oleh banyak orang pada umumnya.