6 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak Serta Alat Yang Dibutuhkan

19
Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak
Aki kendaraan mobil dan motor

Setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk menjalankan kinerjanya supaya bisa berjalan dibutuhkan sebuah aki. Aki sendiri mempunyai fungsi sebagai penyimpanan energi yang ada pada kendaraan bermotor dan mobil.

Disamping itu aku juga mempunyai tugas untuk penyuplai energi ke starter kendaraan. Energi yang disimpan oleh aki berupa baterai ini dapat membuat mesin kendaraan anda bisa menyala dengan semestinya.

Lalu fungsi lainnya yang menjadi tugas aki adalah sebagai penyuplai energi ke komponen yang lain pada kendaraan. Bisa sebagai menyalakan lampu, menstabilkan kendaraan saat berjalan dan lainnya.

Aki sangatlah penting bagi kendaraan karena fungsinya yang cukup banyak. Kendaraan tanpa aki bisa berakibat tidak stabilnya performa dalam kendaraan tersebut.

Aki sendiri mempunyai dua jenis yang pertama itu aku jenis basah dan kedua aki jenis kering. Aki kering dirasa cukup banyak digunakan karena mempunyai keunggulan dalam performnya yaitu lebih tahan lama.

Selain itu, aki kering dapat dikatakan mempunyai umur yang panjang dan bisa digunakan jangka waktu lama. Walaupun merawat aki kering terbilang cukup mudah dipahami daripada aki basah yang perawatannya terlalu rumit.

Perlunya pengetahuan untuk dapat merawat aki kering agar tidak salah dalam merawatnya. Bagi anda yang mempunyai kendaraan mobil maupun kendaraan motor tentu membutuhkan cara untuk merawat aki kering dan tentunya tidak perlu bolak-balik ke bengkel untuk merawatnya.

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memperbaiki aki kering. Berikut ini ada cara-cara praktis dan mudah yang dirangkum dalam sumber-sumber yang kompeten. Simak ulasannya berikut ini :

Peralatan yang Perlu Disiapkan

  1. Obeng minus.
  2. Obeng plu.
  3. Pisau. Bisa pisau dapur atau gergaji
  4. Air aki yang dapat dibeli di bengkel
  5. Solasi atau selotip dengan ukuran besar.

Cara Memperbaiki Aki Kering

  • Langkah pertama anda perlu lepas aki yang sudah kering dari kendaraan anda. Sebaiknya berhati-hati dalam melepaskan aki kering tersebut
  • Selanjutnya buka penutup aki yang terletak di bagian kanan maupun kiri. Untuk membuka penutup aki ini anda hanya perlu menggunakan pisau atau gergaji besi. Dalam membuka penutup aki ini anda harus pelan-pelan.
  • Lalu dibagian atas yang bertuliskan ‘dont not open’ hendaknya anda lepas dengan gergaji atau pisau dapur. Dibagian belakang, sampai atau depan juga ada tulisan Don not open. Disitu anda lakukan hal yang sama untuk melepas tutupnya
  • Lepas bagian penutup wadah aki yang dibuka. Setelah dibuka anda akan menemukan lubang yang berjumlah enam buah dan selanjutnya anda isikan air aki yang telah anda beli dari bengkel sebanyak 15 mililiter.
  • Setelah terisi air aki semua maka hal yang perlu anda lakukan adalah tutup wadah aki yang sudah terisi air dengan rapat. Dan agar lebih kuat bisa gunakan isolasi untuk merekatkan penutup lubang tersebut.
  • Jika aki yang dipasang oleh anda belum bisa berjalan normal. Coba cek lagi siapa tahu ada yang belum dipasang dengan cara dibongkar.

Nah itu dia peralatan yang perlu disiapkan dan cara memperbaiki aki yang kering. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.